Wisata Kebun Binatang Ragunan

By Categories : Wisata

Selain Monas, salah satu tempat wisata di Jakarta yang sering dikunjungi para wisatawan adalah Kebun Binatang Ragunan. Sama halnya dengan kebun binatang lainnya, di sini Anda dapat melihat berbagai jenis satwa yang ada. Bagi Anda yang bertempat tinggal di Jakarta pastinya sudah sering sekali berwisata di Kebun Binatang Ragunan. Namun bagi Anda yang ada di luar Jakarta tidak ada salahnya memilih tempat ini untuk menghabiskan akhir pekan Anda bersama keluarga.

Wisata Kebun Binatang Ragunan

Sekilas Info tentang Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang Ragunan merupakan kebun binatang yang pertama di Indonesia. Kebun binatang yang memiliki luas 140 hektar ini terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan tepatnya 20 km dari pusat kota Jakarta. Selain berwisata, di sini Anda juga dapat mengajarkan kepada anak-anak Anda mengenai kehidupan binatang. Kebun binatang yang memiliki 295 spesies dan 4040 spesimen itu merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang sering dikunjungi di akhir pekan dan musim liburan.

Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 yang lalu. Pada zaman dahulu kebun binatang ini memiliki nama Planten En Dierentuin yang berarti “Tanaman dan Kebun Binatang” yang terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Nama Planten En Dierentuin adalah pemberian dari pelukis ternama Indonesia yaitu Raden Saleh. Akan tetapi, pada tahun 1949 nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini, seiring dengan berjalannya waktu pada tahun 1969 kebun binatang tersebut dipindahkan lagi ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan pada 22 Juni 1966 Taman Margasatwa Ragunan tersebut telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin. Dan diubah kembali menjadi Kebun Binatang Ragunan hingga saat ini.

Jika Anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di sana, seperti kereta keliling, pusat informasi, delman, perahu, tempat makan, tempat piknik dan juga tempat pembelian cinderamata. Tak hanya dpat melihat binatang dari kejauhan saja, Anda pun dapat meilhat berbagai atraksi-atraksi yang sangat seru, seperti sirkus hewan, gajah tunggang, onta tunggang dan juga atraksi burung.

Selain mengelilingi areal utama yaitu Kebun Binatang Ragunan, Anda juga dapat mengunjungi tempat lainnya yaitu The Schmutzer Primate Centre. Di sini Anda dapat melihat berbagai jenis primata antara lain simpanse, orang utan, gorilla dan masih banyak lagi.

Tak perlu mengeluarkan budget yang mahal untuk mengunjungi wisata Kebun Binatang Ragunan ini, hanya dengan mengeluarkan biaya Rp 4000 untuk dewasa dan Rp 3000 untuk anak-anak Anda dapat berkeliling di tempat ini. lokasi Kebun Binatang Ragunan pun sangat mudah diakses baik melalui trasportasi umum ataupun menggunakan kendaraan pribadi. Untuk jam buka dari Kebun Binatang Ragunan sendiri yaitu Selasa hingga Minggu, sedangkan hari Senin adalah hari Libur di Kebun Binatang Ragunan ini.

Baca juga artikel mengenai Tempat makan enak di Jakarta Barat.