Waspadai Penyakit Sistem Peredaran Darah Berikut Ini

By Categories : Kesehatan

Sistem peredaran darah merupakan salah satu sistem organ paling penting bagi kelangsungan hidup manusia. Hal ini karena sistem peredaran memiliki tanggung jawab untuk menyalurkan berbagai macam nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Tak hanya itu saja, sistem peredarah darah juga berfungsi untuk mengatur suhu, pH dan juga melindungi tubuh dari penyakit. Sama seperti organ tubuh lainnya, sistem peredarah darah juga tidak luput dari penyakit. Nah berikut adalah beberapa penyakit sistem peredaran darah yang perlu diwaspadai.

Waspadai Penyakit Sistem Peredaran Darah Berikut Ini

Mengetahui beberapa penyakit pada sistem peredarah darah

Anemia

Penyakit yang pertama adalah anemia. Hampir setiap orang mengetahui penyakit yang satu ini, anemia adalah suatu keadaan di mana hemoglobin di dalam tubuh mengalami penurunan. Kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan suplai oksigen ke jaringan tubuh mengalami penurunan dan juga dapat mengganggu fungsi kerja sel. Beberapa gejala dari anemia adalah muka pucat, mudah lelah, sakit kepala, jantung berdebar-debar dan juga denyut nadi di pergelangan semakin cepat.

Thalasemia

Thalasemia merupakan penyakit bawaan yang diturunkan dari salah satu orangtua kepada anaknya sejak di dalam kandungan. Penyakit ini membuat tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin dalam jumlah yang normal, sehingga ini menyebabkan sel darah merah tidak dapat berfungsi dengan baik. Seseorang yang mengalami thalasemia pun mengakibatkan seseorang tersebut mengalami anemia, sesak napas, lemah.

Leukimia atau kanker darah

Leukimia atau kanker darah adalah penyakit yang disebabkan oleh kelebihan leukosit atau sel darah putih. Pada umumnya sel darah putih tersebut dibutuhkan  oleh tubuh untuk memberantas infeksi yang muncul. Namun berbeda dengan pengidap kanker darah. Pada penderita kanker darah, sumsum tulang mereka akan memproduksi sel darah putih yang abnormal dan tidak mampu berfungsi dengan baik sehingga dapat menyerang sel-sel yang ada di sekitarnya.

Hemofilia

Sama seperti thalasemia, hemofilia juga merupakan penyakit genetik atau keturunan. Hemofilia merupakan suatu penyakit yang menyebabkan darah sukar membeku jika terjadi luka. Beberapa gejala pedarahan yang terjadi pada seseorang yang mengalam hemofilia adalah mimisan, pendarahan setelah disuntik atau imunisasi, pendarahan yang tak kunjung berhenti setelah terjadinya luka, cidera, setelah operasi ataupun luka lainnya.

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit sistem peredaran darah selanjutnya. Pada umumnya tekanan darah yang normal adalah 120/80 mmHg. Akan tetapi seseorang penderita hipertensi memiliki tekanan darah melebihi batas normal. Jika tidak segera ditangani penyakit ini dapat memicu penyakit kronis lainnya seperti jantung, stroke hingga kematian.

Hipotensi

Kebalikan dari hipertensi, hipotensi merupakan suatu keadaan seseorang memiliki tekanan darah di bawah normal. Seseorang yang memiliki darah rendah biasanya akan mengalami gejala seperti pusing, mudah lelah dan lemas. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat mengonsumsi makanan penambah darah seperti daging, sate kambing dan lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai penyakit sistem peredaran darah.

Loading...