Waspadai Gejala Usus Buntu Sejak Dini

By Categories : Kesehatan

Saat ini penyakit usus buntu sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan usus buntu merupakan penyakit yang bisa diderita oleh semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa. Mulailah untuk mewaspadai gejala usus buntu sejak dini, ini dikarenakan salah satu manfaat dari usus buntu adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini pun diungkapkan oleh seorang profesor fisiologi dari Oklahoma State University, Loren G Martin ia berpendapat bahwa usus buntu memiliki dwifungsi pada manusia ketika manusia berupa janin di kandungan ibu serta ketika seseorang sudah beranjak dewasa.

Gejala Usus Buntu

Selain itu, menurut Ahli Duke University menyatakan bahwa appendiks atau usus buntu juga memiliki fungsi sebagai tempat yang aman untuk beberapa bakteri baik yanga ada dipencernaan. Nah berikut adalah beberapa gejala usus buntu yang perlu Anda waspadai.

Beberapa gejala usus buntu pada manusia

Sakit pada bagian perut

Gejala  yang pertama adalah sakit pada bagian perut tepatnya sakit perut bagian kanan bawah. Jika Anda mendapati sakit perut pada bagian tersebut sebaiknya Anda segera memeriksakan diri  ke dokter. Hal ini dikarenakan bisa saja hal tersebut merupakan gejala usus buntu yang pecah.

Sakit di bagian pusar

Sakit  di bagian pusar adalah gejala usus buntu yang kedua. Hal ini menyebabkan rasa tak nyaman atau rasa sakit pada bagian pusar. Setelah itu rasa sakit ini akan bergerak menuju ke perut bagian bawah secara perlahan.

Demam

Seperti halnya penyakit yang lain, usus buntu juga memiliki gejala awal yaitu demam. Demam pada usus buntu biasanya bersamaan dengan adanya rasa sakit pada bagian perut. Ketika usus buntu mulai parah biasanya demam pun akan semakin tinggi.

Diare

Berikutnya adalah diare. Dalam suatu kasus sakit perut yang parah biasanya juga bersamaan dengan diare. Kotoran yang dikeluarkan pun akan mengandung lendir. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami hal yang satu ini. Karena diare yang parah juga dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh.

Mual dan muntah

Mual dan muntah biasanya akan terjadi saat tubuh terasa tidak enak badan ataupun sakit. Salah satu penyakit yang memiliki gejala mual dan muntah adalah usus buntu. Mual dan muntah pada usus buntu biasanya ditandai dengan tidak berhenti dalam beberapa jam. Jika mual dan muntah tidak berhenti lebih dari 12 jam, maka Anda harus pergi ke dokter secepatnya.

Sering buang gas dan kembung

Selain masuk angin, gejala sering buang gas dan kembung juga seringkali diderita penderita usus buntu. Gejala usus buntu yang satu ini memang nampak sepele, akan tetapi jika diikuti dengan rasa sakit pada perut bagian bawah sebaiknya Anda langsung berkonsultasi dengan dokter.

Demikianlah ulasan mengenai gejala usus buntu. Baca juga artikel mengenai Cara tradisional mengatasi usus buntu.

Loading...