Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

By Categories : Umum

Setelah makanan dan produk Indonesia yang mendunia, terdapat beberapa warisan budaya Indonesia yang sudah mendunia. Sebagai warga Indonesia tentu bangga, karena memiliki warisan budaya yang sudah diakui oleh dunia. Indonesia memang terkenal dengan berbagai budaya serta panorama alam yang indah. Oleh sebab itu Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan budaya terkaya di dunia.

Sebagai bukti bahwa warisan budaya di akui oleh dunia adalah dengan tercatat oleh UNESCO. Unikya adalah warga asing mempelajari budaya-budaya asal Indonesia. Lalu apa saja warisan budaya Indonesia yang sudah mendunia? langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Berikut adalah Warisan Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia

Wayang

Wayang

Sebagai masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan permainan wayang. Wayang merupakan salah satu budaya asli Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2003 dan sudah dikenal masyarakat dunia. Banyak orang asing saat ini ingin mempelajari budaya asal tanah Jawa ini. Kesenian wayang dipertunjukkan oleh dalang dengan iringan musik gamelan. Adapun kisah yang diceritakan beragam mulai dari kisah Punakawan, kisah Pandawa, dan banyak lagi.

Musik Angklung

Musik Angklung

Angklung merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO pada tanggal 19 Januari 2011. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyangkan. Tidak hanya populer di Indonesia saja, musik angklung saat ini sudah banyak dimainkan di luar negeri. Uniknya adalah warga asing turut menyukai dan mempelajari kesenian musik angklung. Adapun negara-negara tersebut seperti Korea, Malaysia, dan juga Jepang.

Keris

 

Pada masa lampau, keris menjadi senjata andalan para raja-raja di Indonesia. Keris menjadi daya tarik tersendiri oleh warga dunia. Hal ini ditandai dengan diakuinya keris sebagai “Materpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity” oleh UNESCO pada 25 November 2005. Senjata pusaka keris sudah digunakan oleh orang jaman dahulu sejak abad ke-9. Kebanyakan keris terbuat dari logam, meskipun terdapat keris terbuat dari bahan lain seperti batu meteor. Kini keris menjadi salah satu benda yang banyak dikoleksi para pecinta seni.

Batik

Batik2

Sebagai warga Indonesia tentunya mengenal budaya khas Indonesia yang satu ini, yakni batik. Makna motif kain batik setiap daerah memiliki makna yang berbeda-beda. Corak yang unik dan cara pembuatan yang rumit menjadi salah satu daya tarik sendiri. Batik telah diakui oleh UNESCO sejak Oktober tahun 2009 lalu. Uniknya batik sudah banyak digunakan oleh selebriti dunia salah satunya adalah digunakan oleh Paris Hilton.

Reog Ponorogo

Reog Ponorogo

Reog Ponorogo merupakan seni tari asal Jawa Timur yang namanya sudah terkenal sampai mendunia. Seni tari ini menggunakan topeng dengan kepala harimau yang pada bagian atasnya terdapat bulu merak. Keunikan dari seni Reog Ponorogo ini sudah dikenal di negara-negara dunia.

Itulah tadi beberapa warisan budaya Indonesia yang mendunia, adapaun warisan budaya lainnya seperti Tari Saman asal Aceh, Tari Kecak asal Bali, dan banyak lagi.