Tips Untuk Membedakan Notebook dengan Netbook

By Categories : Teknologi, Tips

Perkembangan teknologi semakin pesat dengan hadirnya sejumlah gadget, notebook, ataupun netbook yang dapat digunakan untuk membantu aktivitas manusia. Hal ini membuat masyarakat dapat bebas memilih antara gadget, notebook ataupun netbook. Untuk keperluan penggunaan berat seperti edit video PC merupakan solusi terbaik. Untuk komunikasi, bermain game ringan gadget menjadi pilihan. Sementara untuk mengerjakan tugas dan bisa dibawa kemanapun notebook ataupun netbook menjadi solusi.

Membedakan Notebook dengan Netbook

Pada dasarnya notebook dan netbook memiliki perbedaan yang mendasar. Hal tersebut yang terkadang masih membuat sebagian masyarakat keliru akan perbedaan yang dimliki. Ada yang mengatakan bahwa netbook merupakan laptop dan begitu juga sebaliknya. Nah agar Anda tak bingung dengan perbedaan keduanya, silahkan ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Tips untuk Membedakan antara Notebook dan Netbook

Segi Ukuran dan Berat

Keduanya memiliki perbedaan jika dilihat dari segi ukuran dan berat. Untuk notebook memiliki ukuran yang lebih besar dengan ukuran sekitar 10 sampai dengan 17 inci. Sementara untuk netbook cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil antara 8 sampai dengan 13 inci. Dengan mengetahui segi ukuran Anda sudah dapat membedakan mana notebook dan mana netbook. Untuk berat tentunya notebook memiliki berat yang lebih jika dibandingkan dengan berat netbook.

Segi Spesifikasi

Tips untuk membedakan notebook dengan netbook berikutnya dilihat dari segi spesifikasi. Untuk segi spesifikasi biasanya notebook memiliki spesifikasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan netbook. Perbedaan yang mencolok biasanya dapat dilihat dari prosesor yang digunakan, jumlah RAM yang terpasang, resolusi layar yang dimiliki, sampai dengan ukuran harddisk yang digunakan. Ini dikarenakan notebook yang memiliki ukuran lebih besar memerlukan performa hardware yang lebih baik ketika digunakan.

Segi Harga

Tips membedakan berikutnya dilihat dari segi harga keduanya. Untuk harga notebook memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan netbook. Hal ini bisa dilihat juga dari spesifikasi, serta ukuran layar yang digunakan keduanya. Untuk penggunaan ringan seperti pengetikan dengan aplikasi office serta akses internet pilihan netbook sangat direkomendasikan, mengingat harga yang dibandrol lebih murah dibandingkan dengan notebook.

Segi Performa

Seperti penjelasan di atas bahwa notebook tentunya memiliki performa dan ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan netbook. Untuk notebook saat ini dapat digunakan untuk bermain game HD, melakukan editing video, membuat desain logo, dan banyak lagi. Sedangkan untuk netbook lebih digunakan untuk hal-hal ringan seperti bermain game ringan, membantu pekerjaan pengetikan dengan aplikasi office, browsing internet, serta penggunaan ringan lainnya.

Segi Kenyamanan

Untuk segi kenyamanan memang dilihat dari kebutuhan penggunaan. Keduanya dapat memberikan kenyamanan kepada para penggunannya asalkan sesuai dengan kebutuhan. Bagi mereka yang suka dengan layar yang lebih besar, notebook merupakan solusinya. Sedangkan untuk mereka yang ingin penggunaan ringan, mudah dibawa, serta ringan ketika dibawa netbook merupakan solusi yang tepat.
Demikianlah tadi pembahasan mengenai tips untuk membedakan notebook dengan netbook yang bisa Anda ketahui.