Tips Merawat Ikan Koki di Akuarium

By Categories : Tips

Ikan koki merupakan salah satu jenis dari sekian banyak ikan hias yang banyak dipelihara orang. Ikan yang dianggap sebagai pendatang keberunutngan atau hoki tersebut digemari banyak orang terutama pecinta ikan karena warna dan bentuh tubuh yang unik. Untuk merawat ikan koki sebenarnya gampang-gampang susah, mengingat ikan lincah tersebut gampang sakit.

Ikan Koki

Ikan ini peka dan sensitif terhadap lingkungan sekitar. Untuk merawat ikan koki di akuarium membutuhkan beberapa trik dan cara agar ikan koki tidak stress yang dapat mengakibatkan ikan mati. Sebagai informasi yang telah dirangkum dari berbagai sumber di internet, berikut ini terdapat beberapa tips merawat ikan koki di akuarium.

Berikut Tips Merawat Ikan Koki di Akuarium

Perhatikan Akuarium

Akuarium yang menjadi tempat ikan koki sebaiknya diperhatikan, mengingat keindahan ikan mas koki juga terletak pada akuarium yang digunakan. Sebaiknya Anda memilih bentuk akuarium transparan agar keindahan ikan koki dapat terlihat. Selain bentuk akuarium, Anda juga bisa menambahkan beberapa aksesoris di dalam akuarium seperti batu-batu hias kecil, tempat-tempat untuk bersembunyi ikan.

Memasang Aerator

Tips merawat ikan koki yang kedua adalah dengan memasang aerator. Aerator merupakan alat yang dibutuhkan untuk akuarium yang berfungsi untuk membuat gelembung-gelembung udara agar di dalam air oksigen dapat meningkat, sehingga ikan tidak mudah stress. Selain itu alat ini juga menghasilkan arus kecil yang disukai kebanyakan ikan.

Memasang Filter Air

Selain memberikan efek gelembung pada akuarium, tips merawat ikan koki berikutnya adalah dengan memasang filter air. Filter air dibutuhkan pada akuarium untuk menjaga kebersihan air dengan cara menyaring kotoran pada air. Dengan begitu kualitas air jauh lebih bersih dibandingkan tanpa adanya filter air.

Perhatikan Pola Makan pada Ikan

Pola makan pada ikan perlu diperhatikan, sebaiknya jangan terlalu berlebih dan jangan terlalu sedikit. Untuk pemberian makan ikan koki sebaiknya dilakukan satu kali dalam sehari. Tujuan pemberian makan tidak terlalu banyak adalah menghindari bakteri yang berkembang akibat makanan terlalu banyak, serta menghindari kotoran pada ikan yang dapat meracuni ikan karena tercampur dengan air.

Bersihkan Air pada Akuarium secara Berkala

Tips berikutnya adalah dengan membersihkan air pada akuarium secara berkala. Agar ikan koki terhindari dari bakteri yang berkembang di dalam air, sebaiknya akuarium perlu dibersihkan secara berkala. Pembersihan dapat Anda lakukan setiap seminggu sekali. Untuk air yang digunakan sebaiknya menggunakan air dari PDAM yang didiamkan terlebih dahulu selama satu malam sebelum memasukkan ke dalam akuarium. Hal ini bertujuan untuk mengendapkan kandungan kaporit pada air.

Nah itulah tadi beberapa tips merawat ikan koki di akuarium. Sebagai tambahan Anda juga dapat memberikan bohlam lampu yang dinyalakan. Bohlam lampu berguna untuk mengatur suhu serta memberikan pencahayaan pada akuarium. Bohlam lampu dapat dinyalakan pada malam hari selama kurang lebih 10 jam .

Baca juga artikel tentang Cara merawat sugar glider untuk pemula.

terms: cara merawat ikan koki tanpa oksigen, cara memelihara ikan mas koki tanpa oksigen, cara merawat ikan koki di aquarium tanpa filter