Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

By Categories : Kesehatan

Tekanan darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Ini dikarenakan kondisi tekanan di dalam arteri meningkat. Peningkatan tersebut membuat jantung bekerja lebih keras dari batas normal untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Untuk menghindari tekanan darah tinggi para penderita harus memperhatikan pola hidup seperti makanan yang dikonsumsi, dan juga tips (Baca Juga Makanan untuk Penderita Darah Tinggi). Untuk menurunkan tekanan darah tinggi tidak selamanya harus mengonsumsi obat kimia yang dapat memiliki efek terhadap tubuh. Beberapa cara berikut ini merupakan tips menurunkan tekanan darah tinggi.

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurunkan Berat Badan yang Berlebih

Salah satu penyebab kenapa seseorang menderita tekanan darah tinggi adalah faktor obesitas atau kegemukan. Kegemukan atau obesitas dapat diatasi dengan cara melakukan diet yang benar agar berat badan menurun. Paling tidak sekitar 10% saja, sudah dapat membantu Anda untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi pada tubuh. Baca juga Buah-Buahan untuk Diet

Mengonsumsi Makanan yang Kaya akan Nutrisi

Beberapa jenis makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan seperti mentimun, melon, belimbing, dan juga sayur lainnya merupakan makanan yang cocok untuk menurunkan darah tinggi. Namun yang perlu diingat adalah ketika mengonsumsinya, Anda tidak perlu untuk berlebihan karena secara rutin mengonsumsinya tekanan darah tinggi dapat terhindarkan dengan sendirinya.

Lari Pagi

Semua orang tentu sudah mengetahui bahwa dengan lari pagi dapat menyehatkan badan. Selain dapat menambah stamina pada tubuh, ternyata lari pagi juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi, sebaiknya menyempatkan waktu untuk lari di pagi hari. Hal ini juga berlaku untuk Anda semua, karena dengan berolahraga dapat menyehatkan tubuh dan pikiran.

Bersepeda

Bersepeda bersama dengan teman atau keluarga tentu menyenangkan, apalagi dilakukan ketika pagi hari. Cukup dengan bersepeda di pagi hari atau sore hari selama 30 menit, maka Anda dapat memperoleh hasil yang baik dalam mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Latihan ini juga dapat menjadi salah satu olahraga yang baik dalam menjaga kesehatan jantung.

Menghindari Makanan Asin atau Kadar Garam Tinggi

Tips menurunkan tekanan darah tinggi yang berikutnya adalah menghindari makanan dengan rasa terlalu asin atau memiliki kadar garam yang tinggi. Bagi Anda yang sudah terkena tekanan darah tinggi, sebaiknya langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi dan menghindari makanan asin. Ini dikarenakan garam dapat meningkatkan tekanan darah pada seseorang.

Berenang

Salah satu dari sekian banyak manfaat renang bagi tubuh adalah mampu memberikan terapi alami pada tekanan darah, sehingga dapat menurunkan tekanan yang berlebih. Olahraga ini sangat bermanfaat, karena pada prosesnya membuat seseorang harus mengatur nafas, dan juga gerakan. Dalam olahraga berenang terdapat banyak gaya renang yang dapat dilakukan.

Demikianlah pembahasan mengenai tips menurunkan tekanan darah tinggi, yang bisa menjadi alternatif dan referensi untuk menghindari obat kimia yang tentunya memiliki efek bagi kesehatan tubuh.

terms: lari pagi dan tensi