Tips Memilih Produk Kecantikan yang Tepat dan Aman

By Categories : Wanita

Setiap wanita pastinya tidak bisa lepas dengan kosmetik, make up dan berbagai macam produk kecantikan lainnya. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan kosmetik, para wanita akan lebih cantik dan tentunya dapat tampil lebih percaya diri. Sebenarnya, tidak semua produk kecantikan itu berbahaya, ada juga produk kecantikan yang aman digunakan. Namun dalam memilih produk kecantikan yang aman, kita diharuskan lebih teliti dan selektif.

Tips Memilih Produk Kecantikan

Hal tersebut bertujuan agar menghindari berbagai macam efek samping yang disebabkan oleh produk kecantikan palsu. Salah satu efek yang biasa terjadi adalah kulit menjadi menghitam, timbul jerawat hingga terkena kanker kulit. Pastinya hal Anda tidak mau hal ini terjadi, berikut adalah tips memilih produk kecantikan yang tepat dan aman.

Tips Memilih Kosmetik yang Tepat

Perhatikan Legalitas Ijin Produk

Tips yang pertama adalah dengan memperhatikan legalitas ijin produk dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Jika produk kecantikan yang Anda pilih memiliki ijin, maka sudah pasti produk tersebut aman untuk digunakan. Namun jika hanya memiliki ijin dari instansi terkait, produk tersebut belum cukup menjamin dan layak untuk digunakan.

Melihat Kandungannya

Tips memilih produk kecantikan yang kedua adalah dengan cara melihat kandungan apa saja yang ada di dalam produk kecantikan tersebut. Biasanya komposisi bahan yang terkandung tertera pada kemasan. Pastikan kosmetik yang Anda pilih tidak mengandung bahan berbahaya seperti, PVP, sodium lauryl, triklosan, diazolidinly urea, paraben, phthalate dan masih banyak lagi bahan kimia lainnya.

Perhatikan Jenis Kulit

Setelah memperhatikan hal tersebut, Anda juga harus memperhatikan jenis kulit Anda. Karena salah dalam penggunaan produk kecantikan dapat memperparah kulit wajah Anda. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak Anda dapat menggunakan produk kecantikan yang mengandung air. Sedangkan jika kulit Anda kering, produk kecantikan yang mengandung minyak sangat cocok bagi Anda.

Perhatikan Warna, Bau dan Tekstur Krim

Tips memilih produk kecantikan selanjutnya adalah perhatikan warna, bau dan juga tekstur dari krim itu sendiri. Jika krim tersebut memiliki warna, bau dan tekstur yang aneh dan mencurigakan sebaiknya jangan dibeli. Mungkin saja krim tersebut sudah tak layak pakai atau sudah kadaluarsa. Memakai produk kecantikan yang sudah kadaluarsa dapat berakibat fatal bagi kulit wajah Anda. Sebaiknya sebelum membelinya Anda mengecek tanggal kadaluarsa dan isi dari produk tersebut.

Jangan Terpaku dengan Harga

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa setiap wanita pastinya akan tergiur dengan produk kecantikan yang menawarkan harga murah. Namun sebaiknya Anda memikirkan bahaya apa saja yang akan terjadi. Tidak ada salahnya memang membeli produk kecantikan yang memiliki harga murah, tetapi sebelum membeli pastikan Anda meneliti terlebih dahulu produk kecantikan tersebut.

Nah itulah beberapa tips memilih produk kecantikan yang aman dan tepat. Baca juga artikel tentang Manfaat buah pir untuk wajah.