Tips Membeli Rumah Lelang

By Categories : Tips

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai tips membeli rumah lelang, maka ada baiknya jika pada kesempatan kali ini saya menjelaskan terlebih dahulu kepada Anda tentang penyebab sebuah rumah dilelang oleh Bank. Karena dengannya Anda akan mengetahui apakah Anda akan melanjutkan pembelian rumah atau tidak.

Tips Membeli Rumah Lelang

Cara Terbaik membeli Rumah Lelang

  1. Masalah yang menjadi penyebab pertama sebuah rumah dilelang oleh Bank adalah ketika seseorang debitur membeli sebuah rumah dengan sistem KPR di bank namun tidak bisa mengangsur selama beberapa bulan. Sesuai perjanjian, maka bank berhak untuk menyita rumah tersebut dan selanjutnya melakukan pelelangan.
  2. Ada juga masalah pelelangan rumah ini yang berawal dari seorang yang meminjam uang dalam jumlah tertentu kepada bank dengan menggunakan jaminan berupa sertifikat rumah. Tentunya di sini ada kuasa bank atas barang jaminan ketika orang tersebut tidak mengangsur sesuai dengan perjanjian. Maka akhirnya terjadilah penyitaan barang jaminan tersebut oleh bank dan akhirnya dilakukan pelelangan.
  3. Bisa juga sebuah bangunan yang dilelang adalah milik sebuah perusahaan semisal PT maupun CV yang tidak melakukan tanggung jawab yang berkaitan dengan masalah perpajakan. Biasanya setelah dilakukan penyitaan bangunan, selanjutnya akan diikuti oleh proses pelelangan.

Nah, Anda sudah tahu tentang penyebab sebuah bangunan rumah dilelang. Maka yang selanjutnya di sini saya akan menghadirkan beberapa tips membeli rumah lelang yang aman. Sebagai berikut!

  1. Pertama adalah mencari tahu informasi terkait rumah yang dilelang. Informasi tersebut meliputi lokasi dan bank yang melakukan penyitaan agar mudah saat pelelangan nantinya.
  2. Selidiki tentang keadaan rumah lelang yang akan Anda beli. Keadaan tersebut meliputi keadaan fisik rumah semisal kondisi bangunan, luas, akses terhadap jalan utama, lingkungan rumah dan lain sebagainya.
  3. Pastikan jumlah uang kita cukup untuk melakukan pembelian jika kita nanti berhasil memenangkan lelang. Hal ini karena ketika kita telah memenangkan lelang namun ternyata tidak bisa melunasi maka seluruh uang yang kita setor di awal akan hangus. Sebelumnya perlu untuk Anda ketahui bahwa KPKNL dalam hal ini akan mematok tarif tertentu bagi para peserta lelang.
  4. Selalu siap siaga dengan notaris. Menghubungi seorang notaris paling lambat 2 minggu sebelum proses lelang berlangsung adalah sesuatu yang tepat untuk kita lakukan. Karena dengan adanya notaris yang mendampingi kita maka segala sesuatu yang berkaitan dengan legalitas KPR akan lebih terasa aman. Misalkan saja seperti yang telah saya katakan di atas bahwa hal ini untuk menghindari kerugian, terutama dengan perjanjian bahwa ketika Anda tidak dapat melunasi harga rumah selama tiga hari setelah Anda dinyatakan menang lelang maka uang Anda akan hangus. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini, bukan?

Demikianlah tadi beberapa informasi yang dapat saya sampaikan kepada Anda sekalian terkait dengan cara membeli rumah lelang yang aman. Semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaat dan sampai jumpa kembali di ulasan yang selanjutnya!