Tips Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini

By Categories : Pendidikan

Bagi kaum muslim, bulan suci Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan dan berkah dari Allah SWT. Pada saat bulan ini segala amal dan perbuatan baik kita akan digandakan berlipat-lipat oleh Nya. Salah satu kewajiban yang harus dilakukan pada bulan suci Ramadhan adalah berpuasa. Bagi remaja dan orang dewasa pastinya sudah mengetahui tips dan trik menjalankan puasa setiap harinya.

Tips Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini

Lantas bagaimana dengan anak-anak? Seperti yang Anda ketahui, menjalankan puasa bagi anak-anak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun Anda jangan khawatir, berikut adalah tips melatih anak berpuasa sejak dini yang dapat Anda terapkan.

Kiat dan Tips Melatih Anak Berpuasa

Jelaskan Keutamaan Berpuasa

Tips yang pertama adalah menjelaskan kepada anak tentang segala keutamaan berpuasa bahwa puasa merupakan salah satu kunci setiap orang untuk masuk ke dalam surga. Di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar-Rayyan. Di mana pintu tersebut hanya dapat memperbolehkan orang-orang yang berpuasa masuk di dalamnya. Dengan menjelaskan hal tersebut, ini akan membuat mereka menyadari betapa pentingnya berpuasa dan tentunya hal ini akan membuat mereka semangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Puasa Bertahap

Bagi anak yang sedang belajar puasa, berpuasa penuh adalah hal yang memberatkan mereka. Namun Anda jangan khawatir, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan puasa bertahap untuk anak-anak yang baru menjalani puasa. Untuk pertama kali, cobalah untuk puasa bertahap yaitu mulai dari sahur kemudian buka puasa pada pukul 10.00 atau 12.00. Secara perlahan, mereka dapat menyesuaikan puasa hingga waktu berbuka puasa tiba yaitu pada adzan maghrib.

Berikan Menu Favorit saat Buka Puasa dan Sahur

Tips melatih anak berpuasa selanjutnya adalah selalu bangunkan anak Anda untuk melakukan sahur selama berpuasa. Agar nafsu makan mereka bertambah Anda dapat menyajikan menu favorit mereka baik saat buka puasa atupun sahur. Selain itu, Anda juga dapat menanyakannya secara langsung menu apa yang mereka inginkan. Dengan begitu, hal ini akan membuat si kecil semakin termotivasi untuk berpuasa. Selain itu, dengan menu makanan favorit bisa menjadi cara jitu mengatasi anak susah makan.

Selalu Bersikap Sabar

Saat bepuasa, sangat penting bagi anggota keluarga untuk tidak menunjukkan rasa lemas karena lapar dan haus. Tunjukkan kepada mereka bahwa puasa itu tidak boleh mengeluh dan harus semangat setiap hari. Namun jika mereka tidak kuat berpuasa dan berbohong jangan serta merta untuk memarahinya, karena hal tersebut dilakukan agar para orang tua tidak kecewa dengannya. Pilihlah cara terbaik dengan cara menasihatinya.

Memberikan Hadiah

Untuk menghargai kerja kerasnya, Anda dapat menjajikan untuk memberikannya hadiah. Memberikan apresias dapat membuat si kecil semakin termotivasi. Sebagai orang tua, sangat penting untuk mengajarkan puasa sedini mungkin agar ia kelak menjadi anak yang taat pada agama.

Demikianlah pembahasan tips melatih anak berpuasa sejak dini. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai Tips memilih kursus sesuai karakter anak.