Tips Berbelanja dengan Kartu Kredit Secara Bijak

By Categories : Tips

Kartu kredit menjadi pilihan banyak orang terutama bagi mereka yang tinggal di kota metropolitan. Tak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya kartu kredit akan memudahkan setiap penggunanya dalam melakukan transaksi termasuk saat berbelanja. Dengan adanya kartu kredit para pengguna bebas dalam menggunakannya, karena tinggal gesek saja.

Keinginan terus belanja menjadi permasalahan bagi sebagian orang yang menimbulkan pemborosan. Akibat dari pemborosan adalah banyaknya tagihan setiap bulannya. Maka dari itu tentu Anda tidak menginginkan banyak tagihan yang membengkak setiap bulannya. Berikut ini terdapat beberapa tips berbelanja dengan kartu kredit secara bijak.

Tips Berbelanja dengan Kartu Kredit Secara Bijak

Berikut Tips Berbelanja dengan Kartu Kredit

Membuat Daftar Belanjaan

Cara ini wajib dilakukan ketika Anda memiliki kartu kredit. Sebelum Anda berbelanja, alangkah baiknya untuk membuat daftar belanjaan terlebih dahulu. Dengan adanya daftar belanjaan maka Anda mengetahui barang mana yang akan Anda beli. Setelah membuat daftar belanjaan, jangan lupa untuk mengelompokkan setiap barang yang dibutuhkan. Yang perlu diingat adalah dahulukan barang pokok yang sangat dibutuhkan, sementara tunda dulu barang lainnya yang tidak begitu penting dibutuhkan.

Mencatat Setiap Pengeluaran

Tips berbelanja dengan kartu kredit selanjutnya adalah dengan mencatat setiap pengeluaran. Ketika habis berbelanja jangan lupa untuk mencatat setiap transaksi pembelian. Dengan mencatat pengeluaran belanja, maka Anda bisa mencocokkan dengan anggaran yang sudah Anda buat. di samping itu ini juga bertujuan untuk mengelola keuangan pribadi Anda dengan baik. Dengan begitu maka Anda lebih hemat ketika menggunakan kartu kredit. Dengan mencatat pengeluaran dapat mengetahui besarnya pengeluaran apakah berlebihan dalam menggunakannya atau tidak.

Membatasi Pengeluaran

Cara berikutnya adalah dengan membatasi jumlah pengeluaran Anda. Memiliki kartu kredit memang menyenangkan, namun ketika Anda tergoda untuk ingin belanja terus justru dapat membuat keuangan Anda membengkak yang berakibat pemborosan. Sudah semestinya Anda perlu membatasi jumlah dari pengeluaran Anda setiap bulannya. Dengan begitu maka keuangan Anda dapat lebih mudah terkontrol dan membuat financial pribadi lebih stabil.

Jangan Memiliki Banyak Kartu Kredit

Tahukah Anda bahwa memiliki kartu kredit lebih dari satu sama saja Anda memiliki beban utang yang semakin besar. Dengan memiliki kartu kredit lebih dari satu maka semakin besar godaan yang Anda terima. Seperti penjelasan di atas, dengan menggunakan kartu kredit pengguna lebih mudah dalam bertransaksi karena tinggal gesek saja. Untuk itu lebih baik memiliki kartu kredit hanya satu saja, agar lebih mudah untuk mengontrol dan menghindari resiko beban utang.

Membayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Cara bijak berikutnya adalah dengan membayar tagihan sebelum jadwal jatuh tempo yang sudah ditentukan. Sebaiknya Anda melunasi tagihan yang Anda punya sebelum jatuh tempo. Hal ini berguna untuk mengurangi resiko dari besarnya utang yang bisa saja bertambah ketika kamu melebihi jatuh tempo yang sudah dijadwalkan. Selain itu Anda juga akan memiliki catatan rekor baik di mata Bank dengan membayar tagihan sebelum jadwal yang sudah ditentukan.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai tips berbelanja dengan kartu kredit secara bijak yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel menarik mengenai Tips memilih kartu kredit.