Tips Aman Mudik Lebaran yang Perlu Diketahui

By Categories : Umum

Sebentar lagi akan memasuki bulan puasa yang tentunya juga akan memasuki Hari Raya yakni Lebaran. Sebagai tradisi di Indonesia banyak masyarakat yang sudah menyiapkan jauh-jauh hari untuk pulang kampung dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dalam melakukan tradisi tersebut masih banyak hal yang terjadi seperti kecelakan transportasi, serta pencurian yang terjadi saat rumah dalam keadaan kosong.

Masalah tersebut tentunya tidak ingin terjadi pada siapapun, serta membutuhkan pencegahan dengan mengetahui cara berkendara aman. Untuk itu pada kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa tips aman mudik lebaran. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Aman Mudik

Berikut Tips Aman Mudik Lebaran

Memberikan Kunci Tambahan pada Rumah yang Ditinggalkan

Tips aman saat mudik lebaran yang pertama adalah dengan memberikan kunci tambahan pada rumah yang Anda tinggalkan selama mudik berlangsung. Cara ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pencurian yang marak terjadi saat lebaran tiba. Pada umumnya ketika rumah ditinggalkan pemiliknya menjadi salah satu incaran dari orang yang tak bertanggung jawab. Untuk itu Anda dapat memasang kunci pengaman seperti gembok serta menyimpan barang berharga melalui Bank seperti uang cash atau logam mulia.

Jangan Lupa Mengecek Kendaraan

Untuk mereka yang memilih menggunakan pribadi, sebaiknya tetap memperhatikan kondisi kendaraan dengan mengecek sebelum perjalanan. Anda dapat mengecek kendaraan mulai dari mesin sampai dengan ban. Untuk lebih amannya sebaiknya motor atau mobil di bawa ke bengkel resmi untuk diperiksa dan diservis agar aman saat digunakan perjalanan jauh.

Menjaga Kondisi Tubuh untuk Perjalanan saat Mudik

Ciri khas dari mudik banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, meski banyak juga yang menggunakan transportasi umum. Perjalanan yang ditempuh biasanya membutuhkan jarak yang tidak dekat. Untuk itu hal yang diperlukan sebelum mudik adalah mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap fit. Hal ini mengurangi resiko terjadinya kecelakaan saat mudik tentunya bagi mereka yang menggunakan tansportasi pribadi.

Ketika Kondisi Fisik Mengalami Kelelahan, Segera Istirahat

Tips aman mudik lebaran yang ketiga adalah istirhatlah ketika tubuh mengalami kelelahan. Perjalanan jauh terkadang membuat tubuh mengalami kelelahan, hal ini yang dapat mengurangi konsentrasi saat perjalanan. Sangat disarankan ketika tubuh sudah mengalami lelah serta rasa kantuk yang menghampiri sebaiknya untuk segera beristirahat di tempat-tempat atau posko khusus untuk mudik.

Menggunakan Helm Standar sesuai yang Ditentukan

Tips yang terakhir adalah jangan lupa gunakan helm standart yang sudah ditentukan pemerintah Indonesia. Selain menggunakan standart helm Indonesia, jangan lupa membawa perlengkapan lain seperti sarung tangan, sepatu, dan masker. Perlu diingat ketika mudik berlangsung cukup membawa barang yang dibutuhkan serta hindari membawa barang terlalu banyak. Sedangkan untuk kendaraan mobil jangan lupa menggunakan sabuk pengaman.

Nah demikianlah tadi tips aman mudik lebaran yang perlu diperhatikan. Jangan lupa untuk selalu berdoa ketika ke manapun akan pergi agar selamat sampai tujuan dan selalu dilindungi Yang Maha Kuasa. BAca juga artikel terkait tentang Tips aman berkendara sepeda motor.