Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Jarak Jauh

By Categories : Umum

Sepeda motor menjadi pilihan oleh banyak orang yang digunakan untuk mengatasi kemacetan. Selain bisa digunakan alternatif untuk mengatasi kemacetan yang biasa terjadi di kota-kota besar di Indonesia, kendaraan bermotor juga bisa menghemat bbm dibandingkan menggunakan mobil.

Namun dengan seiring kemudahan dalam bermotor membutuhkan beberapa tips dalam berkendara. Terlebih lagi jika perjalanan yang ditempuh memiliki jarak yang cukup jauh. Karena itu terdapat banyak hal yang wajib diketahui dan diperhatikan saat berkendara menggunakan sepeda motor. Apa saja itu? Ikuti tips aman berkendara sepeda motor jarak jauh.

Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Jarak Jauh

Berikut Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Menyiapkan Fisik

Tips pertama yang satu ini perlu Anda perhatikan lebih jauh saat berkendara jarak jauh yaitu menyiapkan fisik. Saat berkendara sepeda motor faktor fisik sangat mempengaruhi. Untuk itu ketika melakukan perjalanan jauh sebaiknya menyiapkan kesehatan fisik jauh-jauh hari. Untuk keselamatan ketika tubuh kurang fit sebaiknya perjalanan ditunda terlebih dahulu demi keselamatan. Untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum berkendara jarak jauh dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sayuran, buah-buahan, dan minum suplemen vitamin. Selain itu jangan lupa beristirahat ketika lelah saat perjalanan berlangsung.

Jangan Lupa Periksa Motor Anda

Tips aman berkendara sepeda motor berikutnya adalah dengan memeriksa kondisi kesehatan motor Anda. Ketika akan digunakan untuk perjalanan jauh jangan lupa untuk memeriksa kondisi motor seperti pada bagian lampu, rem belakang, rem depan, ban, klakson, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang tidak mengetahui masalah mesin motor, sebaiknya dibawa pada dealer servis resmi motor Anda. Dengan begitu ketika digunakan dalam perjalanan dapat mengurangi resiko mogok di jalan.

Menggunakan Perlengkapan Keamanan

Untuk poin yang satu ini sangat perlu diperhatikan dalam berkendara yaitu menggunakan perlengkapan keamanan. Perlengkapan keamanan yang perlu diperhatikan seperti menggunakan helm dengan logo SNI (Standart Nasional Indonesia), sarung tangan, sepatu, kaca mata jika perlu, dan juga penutup hidung (masker).

Jangan Terlalu Banyak Membawa Barang Bawaan

Untuk yang satu ini sering diabaikan oleh para pengendara bermotor ketika mereka melakukan perjalanan jarak jauh. Membawa banyak barang bawaan tentu sangat mengganggu ketika berkendara. Untuk itu Anda hanya perlu membawa barang bawaan yang penting saja atau juga membeli perlengkapan box untuk motor yang biasa ditaruh pada bagian belakang motor. Box tersebut cukup membantu untuk membawa makanan, dan juga pakaian.

Kenali Medan dan Jangan Lupa Berdoa

Tips aman berkendara sepeda motor terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah mengenali medan dengan cara mencari melalui internet atau bertanya kepada teman yang sering melewati jalan tersebut. Ini sangat penting untuk Anda dalam mengenali medan yang dilewati. Selain itu jangan lupa untuk tetap berdoa ketika Anda akan bepergian agar selamat sampai tujuan.

Demikianlah tadi ulasan mengenai tips aman berkendara sepeda motor untuk jarak jauh yang bisa Anda lakukan untuk keselamatan dalam berkendara. Selain berhati-hati saat perjalanan jauh, Anda juga perlu waspada saat berkendara di musim hujan, baca Tips berkendara saat hujan.