Tempat Wisata Purbalingga Paling Populer

By Categories : Wisata

Salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki beberapa tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Walaupun tidak sepopuler Bandung atau Yogyakarta, namun Purbalingga mulai menjadi pilihan bagi para wisatan untuk berlibur. Awalnya Purbalingga terkenal karena merupakan pusat industri rambut terbesar di Indonesia bahkan nomor dua di dunia setelah Gwangju di Korea Selatan. Namun saat ini, nama Purbalingga mulai dikenal lewat wisata yang dimilikinya.

Tempat Wisata Purbalingga

Ada beberapa tempat wisata di Purbalingga yang bisa Anda kunjungi, mulai dari wisata alam maupun wisata buatan. Yang menarik adalah selain berwisata Anda juga dapat belajar dan menambah ilmu pengetahuan. Karena beberapa tempat wisata merupakan tempat edukatif untuk menambah pengetahuan.

Berikut tempat wisata di Purbalingga yang bisa Anda kunjungi

  1. Owabong

Salah satu wisata yang populer adalah Owabong. Bahkan ini merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah. Owabong merupakan objek wisata air dengan berbagai macam wahana. Lokasinya berada di kecamatan Bojongsari dan untuk masuk ke objek wisata ini Anda akan dikenakan biaya atau tiket masuk sebesar Rp 30 ribu. Dengan tiket tersebut Anda dapat menikmati Kolam Olympic, Pantai Bebas Tsunami, Terapi ikan terbesar, Kolam Sesat, dan wahan laiannya. Objek wisata Owabong sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

  1. Sanggaluri Park

Tempat wisata Purbalingga yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Sanggulari Park. Objek wisata ini terletak di kecamatan Kutasari. Nama Sanggaluri merupakan singkatan dari Sanggar Luru Ilmu, yang berarti taman untuk menuntut ilmu. Di sini Anda dapat melihat berbagai macam reptil yang ada di Indonesia, berbagai macam spesies serangga, serta dapat berinteraksi langsung dengan ular. Selain itu, terdapat musium uang yang menampilkan berbaga jenis uang dari seluruh dunia.

  1. Wisata Agro Seranggola

Jika Anda berkunjung ke Purbalingga jangan lupa untuk mencoba menikmati kesegaran udara dan pemandangan alam di kaki Gunung Slamet. Di tempat wisata ini Anda dapat melihat perkebunan sayuran dan strowberi. Anda juga dapat memetik langsung buah strowberi dari pohonnya sambil menikmati suasana pedesaan yang indah. Masyarakat di sini melakukan cocok tanam berupa sayuran seperti wortel, kol, tomat, dan bawang.

  1. Goa Lawa

Masih di kecamatan Karangreja, Anda juga dapat masuk ke Goa Lawa untuk menikmati keindahan goa yang alami. Goa Lawa memiliki stalagmit, stalagtit dan bebatuan yang tidak berkapur. Di tempat ini juga terdapat Batu Semar, Goa Istana Lawa, Batu Keris, Goa Ratu Ayu, dan Wahana bermain.

  1. Purbasari Pancuran Mas

Tempat wisata di Purbalingga selanjutnya berada di kecamatan Padamara. Ini merupakan tempat yang memiliki koleksi aquarium raksasa. Terdapat ikan dengan berbagai jenis yang bisa Anda temukan di Purbasari Pancuran Mas. Salah satu ikan yang ada di tempat ini adalah ikan Araipama yang merupakan ikan asli sungai Amazon.  Purbasari Pancuran Mas menjadi salah satu objek wisata keluarga di Purbalingga yang memiliki fasilitas dan wahana yang mampu memanjakan wisatawan.

  1. Desa Wisata Karanganjar

Desa wisata ini berada sekitar 2 kilometer dari kecamatan Bosjongsari, atau sekitar 5 kilometer sebelah utara pusat kota Purbalingga. Untuk menuju ke desa wisata ini cukup mudah karena berada di antara Objek Wisata Air Bojongsari atau Owabong dengan Sanggaluri Park. Salah satu tempat favorit keluarga ini memiliki suasana yang alami dan terdapat banyak aneka pusat kerajinan rumah tangga. Di desa wisata ini masyarakat sekitar menonjolkan kerajinan dengan aneka ragam yang membuat para wisatawan menjadikan cinderamata yang berharga. Hampir semua kerajinan disini dibuat menggunakan tangan bukan mesin.

  1. Kolam Pemandian Walik

Tempat wisata ini berada di desa Walik, Kecamatan kutasari, dan merupakan salah satu tempat wisata tertua di Purbalingga. Air di kolam renang Walik berasal dari mata air alami yang sejuk dan menyegarkan. Pemandian Walik memiliki kolam berukuran 20 x 40 meter dan sebuah kolam renang untuk anak-anak. Kolam renang ini sudah menjadi favorit bagi para pecinta renang karena memiliki suasana yang sejuk dan tidak terlalu ramai. Di pinggiran kolam terdapat banyak pepohonan rindang yang menjadikan suasana menjadi leih asri.

  1. Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman

Panglima Besar Jenderal Soedirman lahir di desa Bodas Karangjati, Kecamatan Rembang pada tanggal 24 Januari 1926. Di tempat kelahiran tersebut sekarang berdiri Monumen yang berisi barang-barang peninggalan Jenderal Besar Soedirman. Saat ini Monumen Jenderal Besar Soedirman menjadi salah satu tempat wisata di Purbalingga yang cukup populer. Biasanya Monumen ini ramai dikunjungi pada akhir pekan oleh para siswa-siswa sekolah, dari mulai SD hingga SMA.

  1. Desa Wisata Limbasari

Desa Wisata ini berada sekitar 15 kilometer sebelah utara Kota Purbalingga. Limbasari merupakan suatu desa yang berada di kaki gunung sehingga memiliki suasana yang sangat sejuk. Di desa Wisata ini Anda dapat menikmati petualangan di hutan dan sungai. Dengan aliran sungai yang cukup deras dan bersih, wisatawan dapat melakukan tubing mengarungi sungai Tuntung dengan landscape pegunungan Plana.

baca juga Destinasi Wisata Karimun Jawa