Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

By Categories : Wisata

Setelah pada pembahasan kemarin membahas mengenai warisan budaya Indonesia yang diakui dunia, pada kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa objek wisata Indonesia yang terkenal di dunia. Indonesia memang terkenal dengan berbagai keindahan alam yang memiliki pesona tiada duanya. Oleh sebab itu tak heran jika banyak turis mancanegara yang berdatangan untuk menikmati berbagai pesona wisata di Indonesia.

Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia

Dari sekian banyak tempat wisata di Indonesia, beberapa di antaranya sudah terkenal sampai mendunia. Lalu apa saja tempat wisata tersebut yang terkenal sampai mendunia? Yuk ikuti pembahasannya di bawah ini!

Berikut Tempat Wisata di Indonesia yang Mendunia

Pantai Kuta, Bali

Tempat wisata yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, Pantai Kuta yang terletak di Bali menjadi salah satu yang paling favorit bagi wisatawan. Nama dari tempat wisata tersebut memang sudah terkenal di seluruh dunia. Ini dikarenakan pemandangan indah, serta budaya masyarakat yang masih kental. Selain itu, suasana pantai eksotis dan ombak yang bisa digunakan untuk berselancar menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan wisatawan mancanegara. Di samping tempat wisata, masih tersedia tempat penginapan yang menawarkan berbagai fasilitas mewah di dalamnya.

Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Tempat wisata di Indonesia yang menarik berikutnya adalah Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara. Taman Laut ini terletak di Teluk Manado dan menjadi tempat wisata di Manado yang populer. Di tempat wisata bawah laut ini terdapat berbagai jenis terumbu karang yang dapat ditemui. Selain terumbu karang, juga terdapat banyak jenis ikan yang beragam. Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berdatangan untuk melihat keindahan bawah laut. Taman Laut Bunaken juga menyediakan scuba diving yang memiliki 20 titik penyelaman.

Raja Ampat, Papua Barat

Tidak kalah dengan tempat wisata di atas, Raja Ampat merupakan salah satu tempat wisata di Papua yang wajib dikunjungi. Nama Raja Ampat terkenal di dunia berkat keindahan pulau yang mempesona. Seperti halnya di Taman Laut Bunaken, di Raja Ampat para pengunjung juga bisa melihat lebih dari 200 jenis karang, lebih dari 700 jenis spesies ikan, serta lebih dari 500 jenis moluska. Oleh sebab itu sekitar 75 persen spesies laut yang ada di dunia terdapat di pulau yang terletak di Papua Barat ini.

Danau Toba, Sumatera Utara

Tempat wisata di Indonesia yang indah di berikutnya adalah Danau Toba. Danau Toba merupakan danau vulkanik yang terletak di Sumatera Utara. Danau ini dianggap yang terbesar di Asia Tenggara. Selain terbesar, Danau Toba juga menjadi salah satu danau paling dalam di dunia dengan kedalaman mencapai 450 meter. Tempat wisata ini banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Pulau Komodo, NTT

Pulau Komodo merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Komodo dan sudah diakui oleh UNESCO menjadi salah satu situs warisan dunia sejak tahun 1986. Pulau ini merupakan habitat asli hewan komodo yang dilindungi. Penghargaan yang pernah diraih dari Pulau Komodo ini adalah masuk dalam jajaran tujuh keajaiban alam di dunia pada tahun 2011. Tempat wisata ini menawarkan banyak keindahan alam seperti keindahan laut, dan pemandangan bawah laut.

Puncak Jayawijaya, Papua

Puncak Jayawijaya disebut juga dengan Puncak Carstensz merupakan satu-satunya puncak yang memiliki salju yang berada di Indonesia. Puncak ini memiliki tinggi lebih dari 5.000 mdpl. Dan yang menarik lagi adalah, Gunung Jayawijaya masuk dalam daftar Seven Summits dengan puncak tertinggi di dunia. Puncak Jayawijaya pertama kali ditaklukan oleh pendaki asal Belanda bernama Hendrik Albert Lorentz di tahun 1909.  Ia berhasil naik ke puncak bersama enam orang yang berasal dari suku Dayak Kenyah yang berasal dari Kalimantan.

Candi Boroudur, Jawa Tengah

Tempat wisata di Indonesia yang terkenal di dunia selanjutnya adalah Candi Borobudur. Ini merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia. Tempat ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.  Tempat wisata di Indonesia dibangun pada tahun 824. Bangunan candi Borobudur terbuat dari balok vulkanik yang membentuk 504 arca Buddha, 72 stupa, dan sebuah stupa induk yang berada di puncak candi. Candi Borobudur sangat ramai dikunjungi pada perayaan Waisak dan sebagai tempat berkumpulnya umat Buddha dari berbagai belahan dunia seperti Tibet dan Thailand. Dan yang paling diminati para wisatawan adalah saat puncak pelepasan lampion sebagai simbol doa dan harapan untuk satu tahun ke depan.

Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja memang terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa, mulai deretan pegunungan dan perbukitan hijau. Selain itu, Tana Toraja juga terkenal dengan budaya leluhur yang tetap dijaga hingga sekarang. Para wisatawan datang ke Tana Toraja untuk melihat tradisi kuno yang masih dipertahankan, salah satunya adalah Rambu Solo. Ini merupakan upacara pemakaman di Tana Toraja.

Nah itulah tadi beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal di dunia yang masing-masing memiliki pesona tersendiri.