Tempat Menarik di Jakarta dan Sekitarnya untuk Merayakan Imlek

By Categories : Wisata

Tahun baru Imlek merupakan salah satu hari raya besar yang dirayakan oleh para masyarakat Tionghoa. Kata Imlek sendiri sebenarnya bukanlah nama dari perayaan tahun baru Tiongkok. Kata tersebut diambil dari bahasa Hokien yang diketahui dan digunakan oleh orang Indonesia. Di luar negeri perayaan ini lebih dikenal dengan Chinese New Year. Sedangkan untuk orang Tiongkok menyebutnya sebagai “Guo Nian” atau “Xin Jia” yang memiliki arti lewati bulan atau bulan baru.

tempat Menarik di Jakarta dan Sekitarnya untuk Merayakan Imlek

Umumnya ada beberapa tradisi Imlek di Indonesia yang hingga saat ini masih diterapkan masyarakatnya, seperti makan bersama keluarga, mengias rumah dan menggunakan baju warna merah, makan Yu Shang dan masih banyak. Namun tak hanya itu saja, perayaan Imlek juga digunakan oleh hampir setiap orang untuk mengunjungi beberapa tempat menarik. Nah berikut adalah beberapa tempat menarik di Jakarta untuk merayakan Imlek.

Tempat di Jakarta paling ramai saat perayaan Imlek

Vihara Dharma Bhakti

Yang pertama adalah di Vihara Dharma Bhakti. Vihara ini terletak di Pecinan Glodok, tepatnya di Jalan Kemenangan III. Viraha ini menjadi vihara tertua di Jakarta yang dibangun pada tahun 1650. Vihara Dharma Bhakti sendiri menjadi salah satu tempat menarik yang cocok dikunjungi saat perayaan malam pergantian tahun. Di sini Anda akan disambut dengan ratusan lilin raksasa dari depan pintu gerbang.

Pusat perbelanjaan

Yang kedua adalah pusat perbelanjaan di Jakarta. Tak hanya tempat ibadah orang Tionghoa, pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta juga turut memeriahkan  perayaan ini. Ada banyak mall-mall dan pusat perbelanjaan lainnya yang mengadakan bazar serta diskon. Tentu saja hal ini dpat lebih mudah membeli barang yang Anda inginkan dengan harga yang terjangkau.

Restoran Tiongkok

Tempat menarik di Jakarta selanjutnya yang sering dikunjungi ketika perayaan Imlek adalah restoran Tiongkok. Seperti yang kita ketahui salah satu tradisi perayaan Imlek di Indonesia adalah makan bersama keluarga. Beberapa restoran di Jakarta yang turut memeriahkan perayaan ini adalah Restoran Xin Hwa, Restoran Rasa di Hotel InterContinetal, restoran Hotel Indonesia Kempinski dan lainnya.

Boen Tek Bio

Berikutnya adalah Klenteng Boen Tek Bio. Saat Imlek Klenteng tertua di Tangerang ini seringkali Dikunjungi  oleh ribuan orang dari berbagai kota. Klenteng yang terletak di Kawasan Pasar Lama ini memang sudah dikenal sebagai tempat tinggal penduduk China Benteng. Di sini Anda akan dapat melihat hiburan Barongsai, Liong serta pernak-pernik khas Imlek.

Vihara Avalokitesvara

Tempat ibadah yang terlerak di Kawasan Banten Lama, tepatnya di Kampung Pamarican, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang ini juga sangat ramai dikunjungi saat Imlek. Yang menarik dari tempat ibadah ini adalah, tempat ibadah ini berada satu komplek dengan Majid Agung Banten Lama.

Nah itulah beberapa tempat menarik di Jakarta dan sekitarnya  yang ramai dikunjungi saat Imlek.