Teknik Dasar Renang Gaya Punggung Bagi Pemula

By Categories : Pendidikan

Renang adalah salah satu olahraga air yang sering dilakukan oleh setiap orang. Selain menyehatkan, manfaat renang bagi tubuh lainnya adalah tubuh lebih rileks dan segar. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika melakukan olahraga yang satu ini. Saat berenang ada beberapa gaya yang dapat Anda gunakan seperti gaya katak, gaya kupu-kupu dan juga gaya punggung. Renang gaya punggung merupakan berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Sedangkan gerakan kaki dan tangan sama seperti gerakan bebas. Bagi Anda yang ingin dapat berenang dengan gaya berikut ini, berikut adalah teknik dasar renang gaya punggung bagi pemula.

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung Bagi Pemula

Beberapa teknik dalam berenang gaya punggung

Posisi badan

Teknik dasar untuk berenang gaya punggung bagi pemula yang pertama adalah memperhatikan posisi badan. Posisi badan yang tepat untuk renang gaya ini adalah badan telentang di permukaan air. Gaya renang yang satu ini sangat tepat bagi pemula. Karena posisi kepala yang menghadap ke atas dapat membuat Anda lebih mudah bernapas saat berenang.

Gerakan kaki

Yang kedua adalah latihan gerakan kaki. Bagi pemula kedua tangan harus rileks serta tangan lurus di samping badan. Saat melakukan latihan gerakan kaki sikap pertama yang harus Anda lakukan adalah bergelantungan di bibir kolam lalu lemparkan badan ke belakang. Setelah itu ayunkan kaki dengan teratur dan cepat agar posisi renang tidak berbelok atau melenceng.

Gerakan tangan

Pada umumnya ada tiga fase gerakan tangan dalam gaya renang punggung, antara lain gerakan pull (gerakan penarikan), gerakan push (gerakan pendorongan) dan juga recovery (istirahat). Ketika melakukan gerakan memasukkan tangan ke dalam air, sisi telapak tangan yang dimasukkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar memperkecil tahanan di dalam air. Gerakan tangan saat renang gaya punggung, awalnya Anda harus meluruskan satu tangan di atas kepala, kemudian ayunkan ke belakang menuju pinggang. Setelah itu angkat tangan keluar dari permukaan air dan kembali lagi pada posisi semula. Lakukan hal ini secara bergantian.

Latihan pernapasan

Seperti yang Anda ketahui renang gaya punggung mengharuskan kepala menghadap ke atas. Sehingga pengambilan napas dalam gaya ini tidak terlalu sulit karena muka tidak masuk ke dalam air. Namun meskipun begitu Anda harus tetap berhati-hati saat mengambil napas karena percikan air juga dapat mengganggu Anda. Pengambilan napas yang tepat dilakukan saat kedua lengan berada di dalam air.

Koordinasi gerak

Ketika renang gaya punggung Anda terapkan, koordinasi yang paling penting adalah koordinasi gerakan kaki dan tangan. Pastikan posisi badan Anda tetap horizontal agar sukses melakukan gaya renang yang satu ini. Soal pernapasan, Anda tidak perlu khawatir karena muka yang selalu menghadap ke atas dapat membuat Anda mengambil napas lebih mudah.

Demikianlah ulasan mengenai teknik dasar renang gaya punggung bagi pemula. Baca juga artikel mengenai Akibat kram kaki saat berenang.