Tanaman Anti Nyamuk

By Categories : Umum

Setiap orang pernah terkena gigitan nyamuk, pada dasarnya nyamuk dianggap sebagai hewan yang mengganggu manusia. Suaranya yang bising di telinga sering membuat kita jengkel, apalagi ketika tidur. Tidak hanya suara bising saja, tetapi juga gigitannya yang menyebabkan gatal pada kulit sehingga menimbulkan bintik merah. Namun itu hanya dampak sementara saja, lalu bagaimana dengan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah atau chikungunya?

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan manusia untuk mengusir nyamuk dari pengusiran dengan cara fisik, ataupun dengan bantuan bahan kimia. Di samping cara tersebut terdapat cara pengusiran nyamuk yang lebih aman, dan nyaman yaitu dengan cara menggunakan tanaman. Terdapat tanaman yang dibenci nyamuk namun disukai manusia. Lalu apa saja tanaman tersebut? Simak ulasan dibawah ini!

Inilah Tanaman Anti Nyamuk

Lavender

lavender

Penampilan dari bunga ini sangat menarik, terutama pada warnanya. Dengan warna ungu dan bergerombol menjadikan bunga ini tampak indah. Namun bukan hal tersebut yang tidak disukai nyamuk, melainkan bau yang timbul dari bunga tersebut. Bunga Lavender mengandung zat linalool dan juga lynalyl acetate. Nah kedua zat ini yang tidak disukai nyamuk. Untuk mengusir nyamuk di rumah, Anda dapat menanam bunga ini di dekat pintu, ruangan, atau juga di teras rumah. Bunga lavender ini banyak digunakan sebagai campuran bahan untuk membuat lotion anti nyamuk. Agar bunga ini dapat hidup pastikan merawatnya dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Geranium

Geranium menjadi salah satu tumbuhan berikutnya yang tidak disukai nyamuk. Bunga ini sering digunakan untuk mengusir nyamuk dan juga ngengat. Dengan bau yang khas membuat nyamuk tidak menyukainya. Hal ini dikarenakan bunga Geranium ini memiliki zat citronella yang ampuh dalam mengusir nyamuk. Seperti halnya dengan bunga Lavender, bagi Anda yang ingin mengusir nyamuk maka Anda dapat menanamnya di sekitar pekarangan rumah, teras rumah, ruangan dalam bentuk vas, atau juga di dekat pintu rumah. Bau dari bunga ini wangi jadi tetap aman untuk manusia.

Serai Wangi

serai wangi

Tanaman yang satu ini biasanya digunakan juga untuk bahan memasak dan juga untuk bahan pencampur jamu. Namun selain kedua hal tersebut, ternyata tanaman ini dapat digunakan juga untuk mengusir nyamuk. Seperti kedua bunga di atas, bunga Serai Wangi ini memiliki zat yang bernama geraniol, terpen alkohol, metilheptenon, dan juga asam organik. Zat sitonelal memiliki racun yang dapat membuat nyamuk kekurangan air. Oleh karena itu bunga ini dapat Anda gunakan dalam mengusir nyamuk, dengan cara di tanam di halaman, belakang rumah atau teras rumah. Baca juga Cara Merawat Gigi Behel

Zodia

Zodia

Zodia merupakan tanaman asli asal Indonesia, tepatnya dari Papua. Selain dapat mengusir nyamuk, tanaman ini dapat digunakan untuk obat pusing, disentri, obat gosok, dan juga pembunuh sel kanker. Kandungan zat zodia diantaranya linalool, dan juga apinene. Zat tersebutlah yang dapat mengusir nyamuk, terutama zat linalool. Tinggi tanaman ini dapat mencapai 200 cm, dan dapat ditanam dalam pot.

Nah itulah tanaman anti nyamuk yang memiliki bau yang tidak disukai nyamuk, masih banyak tanaman lainnya yang tidak disukai nyamuk karena bau khas tanaman tersebut. Baca juga artikel lainnya Cara Memutihkan Gigi yang Benar