Strategi Bermain Clash of Clans untuk Clan War

By Categories : Tips

Game Clash of Clans atau biasa disingkat COC merupakan salah stau game online terpopuler saat ini di kalangan masyarakat. Mulai anak-anak sampai orang dewasa memainkan game besutan Supercell ini. Di dalam permainannya para pemain harus mencari strategi dalam bertahan atau menyerang.

Dalam bermain Clash of Clans pemain perlu melakukan upgrade terhadap level pasukan dan alat untuk bertahan seperti tembok, meriam, mortar, arcer tower, dan banyak lagi. Hal tersebut didasarkan pada setiap level pada Town Hall yang merupakan pusat kota dalam game tersebut. Setiap Town Hall perlu dimaksimalkan terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade level Town Hall berikutnya, sampai saat ini level Town Hall mencapai 10.

Clash of Clans untuk Clan War

Gold, elixir, dan dark elixir menjadi salah satu sumber yang digunakan untuk proses upgrade. Adapun fungsinya seperti gold untuk upgrade peralatan bertahan seperti meriam, membeli berbagai jebakan, serta mengupgrade sumber source, dan storage. Sementara elixir untuk melakukan upgrade level pasukan, level storage gold, serta sumber source gold. Dan yang tak kalah penting adalah dark elixir yang sangat susah dalam mendapatkannya.

Dark Elixir digunakan untuk mengupgrade level hero seperi Barbarian King, Arcer Queen, serta upgrade level pasukan kegelapan yang mulai terbuka pada Town Hall level 7. Adapun Gems yang berfungsi untuk mempercepat proses upgrade apapun dan membeli builder. Gems bisa didapatkan melalui menebang pohon di sekitar area base, menyelesaikan archievment yang disediakan, serta membeli dengan menggunakan pulsa ataupun kartu kredit.

Lalu bagaimana cara efektif dalam menyerang lawan pada saat Clan War? Nah untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja strategi menyerang dalam permainan Clash of Clans, silahkan ikuti pembahasannya berikut ini!

Berikut Strategi Bermain Clash of Clans

Menggunakan Strategi GOWIPE

Strategi Gowipe merupakan strategi dalam menyerang yang bisa digunakan untuk clan wars. Strategi ini membutuhkan Golem, Wizard, dan Pekka. Untuk pertama keluarkan Golem terlebih dahulu sebagai tameng, kemudian keluarkan wizard di belakang golem beserta Barbarian King, setelah itu yang terakhir keluarkan pekka untuk menambah daya serang. Jangan lupa memberikan wall breaker untuk membuka jalan bagi golem agar masuk ke dalam. Rage spell dan heal spell juga perlu dibutuhkan untuk menghancurkan base lawan.

Menggunakan Strategi GOWIWI

Strategi bermain Clash of Clans berikutnya menggunakan kombinasi Golem, Wizard, dan Witch. Untuk strategi ini keluarkan terlebih dahulu Golem yang diiringi dengan wall breaker guna membuka jalan. Setelah itu keluarkan wizard dibelakang Golem untuk menghancurkan area sekitar. Dalam menambah daya serang tambahkan Barbarian King dan Arcer Quenn jika sudah punya, serta Witch yang memiliki kemampuan untuk menembak serta membangkitkan pasukan tengkorak. Golem serta pasukan tengkorak yang dibangkitkan Witch dapat mengecoh mortar, arcer tower, meriam, dan pertahanan lainnya. Gunakan heal spell dan rage spell untuk menambah daya serang.

Menggunakan Strategi LAVALON

Untuk strategi ini dikhususkan menyerang dengan pasukan udara. Jika di darat terdapat Golem, diudara terdapat Lava Hound yang digunakan tameng untuk balon. Lava hound yang akan mengalihkan air defense menjadi kesempatan untuk balon dalam menyerang pertahanan lawan. Lava Hound ketika mati, dirinya akan terpecah menjadi banyak meski tidak sekuat dalam bentuk Lava Hound. Jangan lupa keluarkan juga Barbarian King, Arcer Quenn, pasukan bantuan, serta rage dan heal spell untuk menambah daya penyerangan.

Menggunakan Strategi GIWIWI

Jika anda termasuk ahli dalam game Clash of Clans, anda bisa mencoba formasi troops GIWIWI (Giant, Wizard, Witch). Di sini Giant berperan sebagai Golem untuk melindungi troops yang mudah mati seperti Wizard dan Witch. Namun, ada syarat untuk menggunakan formasi ini, yakni Giant minimal harus level 6, ini karena Giant level 6 memiliki ‘nyawa’ yang banyak sama seperti golem. Keuntungan menggunakan Giant adalah Giant menggunakan space yang lebih sedikit yakni 1 Giant hanya menggunakan 5 space sehingga dapat membuat banyak pasukan giant dan waktu membuatnya juga tidak lama hanya 2 menit per 1 Giant, berbeda dengan golem yang menggunakan 30 space dan membutuhkan waktu pembuatan 45 menit hanya untuk membuat 1 Golem saja. Dengan strategi menyerang dan perpaduan penggunaan spell yang baik bukan tidak mungkin base setingkat Town Hall level 9 akan bisa rata 100%.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai strategi bermain Clash of Clans untuk Clan War atau pada saat perang dengan clan lain. Untuk strategi lain dalam clan war bisa menggunakan full naga, sementara untuk proses farming cukup menggunakan kombinasi giant, barbarian, wal breaker, arcer, dan goblin.

Baca juga artikel mengenai Tips farming dalam bermain Clash of Clans.