Solusi Jika Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Atau Macet

By Categories : Teknologi

Terkadang, jika kita terlalu lama menggunakan laptop, tentu bagian atas keboard akan terasa sangat panas. Suhu yang tinggi ini bisa menarik debu dan menempel di bagian bawah keyboard. Jika tidak sering-sering dibersihkan, bisa mnghalangi tooth untuk menyentuh papan elektronik di bagian bawah keyboard. Penyebab lainnya adalah karena kebiasaan Anda yang terlalu keras menekan salah satu tombol, seperti tombol enter. Tekanan yang terlalu keras dari luar bisa menyebabkan tooth akan tertinggal dan selalu menempel pada papan elektronik keyboard. Jika sudah demikian, biasanya akan timbul bunyi beep yang panjang saat Anda menghidupkan laptop. Penyebab yang lain adalah adanya benda-benada kecil yang menempel di bawah tooth keyboard. Jika tidak segera dibersihkan, benda kecil ini bisa menyebabkan keyboard laptop macet.

Langkah pertama yaitu kita membuka semua baut yang ada hubungannya dengan keyboard, dengan hal ini kita akan lebih mudah dan cepat dalam melepas keyboardnya karena kita tidak usah membuang waktu untuk melepas semua baut yang ada pada laptop. Langkah kedua selanjutnya kita membuka pengunci pada keyboard. Kemudian langkah ketiga lepas keyboard, tapi dalam melepas keyboard anda harus hati-hati, karena keyboard menggunakan kabel flexibel dan ada penguci di bawah keyboard, jangan sampai kabel flexibel  itu putus dan jangan sampai pengucinya patah.Keyboard Laptop Tidak Berfungs

Kemudian langkah ke empat setelah melepas keyboard langkah selanjutnya anda harus melepas tombol/keypad keyboard satu persatu. Caranya dengan menekan pengunci dengan cara mendorong dengan pinset. lepaskanlah satu persatu keypad/tombol keyboard. Setelah tombol keyboard terlepas, bersihkan semua bagian keyboard dengan kuas yang lembut. Tiup sesekali agar debu ikut terbang. Karenanya, jangan lupa pakai masker selama membersihakan laptop. Di bagian bawah keyboard, terdapat karet tombol berwarna hijau yang meghubungkan tooth dengan lempeng elektronik di bagian bawah. Jangan sampai karet itu terlepas, jika terlanjur terlepas, tempelkan kembali tanpa menggunakan perekat. Jika sudah dibersihkan, pasang kembali keyboad dengan perlahan.

Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk memperbaiki keyboard laptop macet adalah dengan memotong kabel fleksibel yang menghubungkan keyboard sepanjang 1 sampai 2 cm. Ini untuk mengatasi kemungkinan adanya jalur yang rusak. Jika Anda kesulitan menerapkan cara ini, sebaiknya kirimkan ke servis laptop.

terms: keyboard laptop macet, cara memperbaiki keyboard laptop yang macet, penyebab keyboard laptop macet, cara mengatasi keyboard laptop yang macet, solusi jika tombol keyboard laptop tidak berfungsi