Senjata Pemusnah Massal yang Paling Mematikan

By Categories : Umum

Jika berbicara mengenai senjata pemusnah massal, kita pasti sudah mengenal akan senjata nuklir, biologi maupun kimia. Karena pada saat ini senjata yang bisa memakan jutaan orang yang terbunuh tersebut justru dianggap sebagai senjata yang konvensional. Bom cluster, napalm, dan depleted uranium ( DU ), serta juga ranjau darat justru banyak di kenal pada saat ini. Karena untuk pembuatan senjata tersebut tidak di butuhkan biaya yang sangat banyak, sehingga banyak kaum militer yang menggunakannya di saat perang terjadi.

senjata pemusnah massal

Hal tersebut bukan karena hanya biaya murah saja, akan tetapi efek dari kerusakannya pun juga hebat. Selain itu dari waktu ke waktu, senjata ini ternyata semakin berkembang dan tentunya memiliki efek yang lebih hebat daripada sebelumnya. Bahkan beberapa dari senjata tersebut dilarang digunakan oleh PBB. Dan berikut adalah senjata pemusnah massal yang kontroversial tersebut.

Cluster Bomb : bom jenis ini merupakan jenis bom yang memiliki mekanisme yang sangat unik. Dimana setelah bom ini diluncurkan dari pesawat bomber atau pun pesawat tempur, bom ini akan pecah menjadi bagian – bagian bom kecil. Bom ini pada awalnya diciptakan sebagai penghancur landasan pacu di sebuah pangkalan udara atau pun membubarkan konvoi kendaraan berlapis baja. Bom ini juga dikenal dengan beberapa nama seperti Belouga, Excalibur, dan Cluster Bomb Units atau CBU.

Napalm Bomb : bom jeni juga pernah digunakan oleh Indonesia. Terutama pada saat operasi Seroja yang berada di Timor – Timur pada tahun 70an. Dan banyak yang protes pada saat Indonesia menggunakan senjata tersebut. Akan tetapi AS juga pernah menggunakannya dengan skala yang lebih besar, seperti halnya saat konflik Vietnam berlangsung dan juga pada perang Yom Kippur di Israel. Akan tetapi pada saat AS menggunakannya tidak ada Negara yang protes. Bom napalm sendiri berisikan zat kimia dalam bentuk pasta yang akan terbakar jika bom tersebut pecah. Oleh karena itulah, bom jenis ini sangat efektif untuk menghancurkan lawan yang bersembunyi di hutan ataupun parit.

Peluru DU ( Depleted Uranium ) : peluru jenis ini merupakan pengembangan dari limbah Uranium. Dan secara harafiah, peluru DU ini merupakan peluru uranium yang memiliki kadar radiasi yang sedikit / lemah. Peluru DU juga banyak digunakan untuk pembuatan inti peluru dari anti material yang biasa dipakai pada tank Abrams. Peluru ini juga bisa menembus baja setebal apapun, terutama pada sebuah tank. Walaupun senjata ini memiliki radiasi yang tidak terlalu tinggi, banyak pihak yang menentang karena menurut penelitian peluru DU ini masih memiliki tingkatan radiasi yang masih membahayakan bagi manusia.

terms: senjata paling mematikan, senjata mematikan, senjata paling berbahaya, senjata penghancur planet, Senjata pemusna massal