Sayuran Dengan Sumber Vitamin C Terbaik

By Categories : Kesehatan

Manfaat vitamin C untuk tubuh memang penting untuk membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Selain itu vitamin C juga mengandung unsur-unsur untuk membantu penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Vitamin C mengandung antioksidan yang kuat yang dapat mencegah kerusakan sel. Selain itu, vitamin C juga baik untuk pembentukan kolagen.

Sumber vitamin C

Banyak orang yang beranggapan jika vitamin C terbaik terdapat pada buah jeruk. Hal tersebut sudah menjadi mindset kebanyak orang, padahal sumber vitamin C tidak hanya dari buah jeruk saja. Banyak buah-buahan lain yang mengandung vitamin C, bahkan terdapat beberapa sayuran yang mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh.

Perlu Anda ketahui jika beberapa sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin C yang lebih baik dari jeruk. Penasaran sayuran apa saja? Simak ulasan berikut.

Daftar sayuran sumber vitamin C terbaik

  1. Brokoli

Sayuran hijau ini mengandung antioksidan tinggi, salah satunya adalah vitamin C. Untuk satu mangkuk brokoli yang Anda konsumsi mengandung vitamin C sekitar 82 miligram. Sayuran ini juga cocok untuk Anda yang tidak menyukai rasa asam pada buah. Selain banyak mengandung vitamin C, brokoli juga memiliki kandungan vitamin E dan A. Sehingga brokoli sangat berguna untuk mengatasi masalah pencernaan Anda.

  1. Bunga Kol

Sumber vitamin C selanjutnya adalah bunga kol. Dalam 100 gram-nya, sayuran ini mengandung vitamin C hingga mencapai 80 miligram. Kadungan lain pada bunga kol adalah asam folat, vitamin B kompleks, dan serat yang tinggi. Bunga kol juga cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet karena saat dikonsumsi akan membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Paprika

Sayuran ini banyak mengandung vitamin C hingga melebihi buah jeruk. Paprika dengan warna kuning dan merah sangat kaya akan vitamin C. Untuk paprika berwarna kuning mengandung 155 miligram vitamin C, sedangkan yang berwarna merah mengandung 190 miligram vitamin C.

  1. Cabai merah

Perlu Anda ketahui bahwa sayuran dengan rasa pedas ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam satu genggam cabe merah mengandung 108 miligram vitamin C yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Cabai merah juga mengandung senyawa capsaicin yang mempu meredakan nyeri sendi dan proses pembakaran lemak pada tubuh.

  1. Kale dan Sawi

Sumber vitamin C yang terkandung dalam kale dan sawi melebihi vitamin C yang ada pada buah jeruk. Sayuran ini jika dijus dapat menghasilkan 80 miligram vitamin C. Selain itu, kale dan sawi juga sangat cocok untuk program diet Anda. Kale mampu menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah dalam tubuh serta menambah asupan kalsium untuk kesehatan tulang.

Fungsi dan manfaat vitamin C

Vitamin C atau disebut dengan asam askorbat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Vitaman C berperan penting sebagai senyawa pembentuk kolagen yang berupa protein penyusan jaringan tulang sendi, kulit, dan sebagainya. Berikut beberapa fungsi dan manfaat vitamin C yang perlu Anda ketahui.

  • Melawan kanker

Fungsi vitamin C yang pertama adalah untuk mencegah kanker. Seorang wanita yang sering mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dapat memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit kanker. Bahkan beberapa riset menunjukan jika sumber vitamin C dapat dijadikan sebagai racun untuk sel-sel kanker.

  • Memperbaiki kulit

Vitamin juga mengandung antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Antioksidan tersebut mempu menetralkan radikal bebas yang menumpuk karena sering terkena sinar matahari. Aupan vitamin juga mampu memperbaiki tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, pigmentasi yang tidak merata, warna kulit dan tekstur. Sumber vitamin C yang baik untuk kulit adalah jeruk.

  • Meningkatkan mood

Peneliti dari McGill University menyebutkan jika pemberian suplemen vitamin C dengan takaran 500 mg di waktu pagi dan malam hari untuk seseorang yang kekurangan vitamin C maningkatkan suasana hati seseorang. Fungsi vitamin C di sini sangat cocok untuk seseorang yang sering mengalami gelisah dan sebagainya.

  •  Menurunkan resiko penyakit jantung

Vitamin C mampu menghilangkan aterosklerosis yang terdapat pada jantung. Aterosklerosis merupakan keadaan dimana arteri jantung menebal dan mampu meningkatkan terjadinya serangan jantung karena darah tidak lancar.

  • Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak bagi penderitanya. Mengonsumsi vitamin C  sesuai dosis yang dianjurkan secara rutin maka tekanan darah dapat dikontrol dengan baik.

  • Mencegah stroke

Diet tinggi antioksidan dapat membantu menangkal penyakit kardiosvaskular. Selain itu peneliti juga menunjukan jika tubuh yang mendapat asupan vitamin C memiliki resiko terkena  stroke lebih rendah, terutama pada wanita.

  • Mencegah diabetes

Manfaat vitamin C mampu menurunkan kadar gula yang terdapat dalam tubuh dan dapat mencegah efek buruk dari diabetes. Sumber vitamin C tersebut dapat diperoleh dari buah jeruk, buah-buhan lainnya.