Psikologi Anak Balita

By Categories : Pendidikan

Hal-hal penting yang mempengaruhi perkembangan psikologi anak balita antara lain adalah sebagai berikut.

Psikologi Anak Balita

  1. Kasih sayang. Para ahli berpendapat bahwa kasih sayang orang tua dalam hal ini terutama adalah seorang ibu, bagi pertumbuhan dan perkembangan balitanya merupakan sebuah kebutuhan penting dan utama. Seorang anak tidak aka dapat berkembang dengan baik jika ia tidak mendapatkan kasih sayang yang mendukung. Karenanya sebagai orang tua yang baik, harusnya sesibuk apapun pekerjaan kita, maka meluangkan waktu untuk anak balita kita adalah hal utama. Namun yang perlu untuk digaris bawahi di sini adalah perhatian tersebut bukan berarti harus sepanjang hari dan dalam waktu yang lama, karena terkadang orangtua perlu membiarkan anak untuk berkembang dengan sendirinya. Jadi yang lebih ditekankan di sini adalah terkait memberikan quality time bagi anak agar kasih sayang anda dapat diterima dan dipahami anak dengan baik. Anak yang terbiasa diperlakukan dengan penuh kasih sayang akan menjadi pribadi yang penyayang demikian juga sebaliknya anak yang dididik dengan keras akan menjadi pribadi yang keras dan biasanya akan acuh pada orang lain serta keadaan yang terjadi di sekitarnya.
  2. Salah satu bentuk dari kasih sayang adalah menghargai. Nah, ada baiknya jika Anda mengajarkan kepada anak tentang bagaimana cara menghargai orang lain sejak dini. Misalnya ketika anak melakukan sesuatu yang baik dan menunjukkan sebuah perkembangan maka jangan pelit untuk memberikan penghargaan kepada anak walaupun hanya berupa pujian. Dengan cara yang semacam ini ketika anak biasa dihargai di lingkungan tempat tinggalnya (keluarga) maka ia akan belajar untuk menghargai orang lain di kedepannya nanti.
  3. Jangan pernah membohongi anak hanya untuk menutup sesuatu yang anda anggap tabu. Karena pada dasarnya kebohongan kecil kepada seorang anak akan mengakibatkan secara tidak langsung seorang anak belajar untuk berbohong. Bisa jadi suatu saat ketika anak mengetahui bahwa Anda berbohong dia melakukan hal yang sama di masa dewasa. Bagaimana cara menghadapi pertanyaan anak yang tidak sesuai dengan usianya tanpa harus berbohong? cobalah Anda mencari cara untuk mengalihkan perhatiannya dan bukan dengan membohonginya. Alihkan misalkan pada sesuatu yang ia sukai, ajak bercerita, dll.
  4. Memberikan teguran kepada seorang anak ketika melakukan kesalahan dapat dilakukan dengan bertahap. Jangan pernah menakut-nakuti anak untuk tidak melakukan sesuatu hal karena itu justru akan membuatnya ingin melakukan sesuatu. Yang sebaiknya Anda lakukan adalah memberikan pengertian kepada anak tentang apa yang harus dan tidak harus mereka lakukan. Dengan cara seperti ini anak akan menjadi pribadi yang lebih terbuka pada Anda.

Demikianlah tadi sedikit ulasan yang dapat saya jabarkan kali ini. Sebenarnya masih banyak sekali hal lain terkait dengan perkembangan psikologi anak balita, namun pada dasarnya beberapa hal di atas adalah hal penting yang harus Anda garis bawahi. Sekian, semoga bermanfaat dan sampai jumpa!