Penyebab Darah Tinggi yang Harus Anda Ketahui

By Categories : Kesehatan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi permasalahan yang serius yang dapat berakibat fatal. Tekanan darah tinggi memiliki resiko berbahaya yang bisa menimbulkan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Tekanan darah tinggi di mana saat kondisi medis tekanan darah dalam arteri sedang meningkat. Dengan meningkatknya tekanan dalam darah membuat organ jantung bekerja lebih berat dari biasanya dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Penyebab Darah Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Sebagian orang belum mengetahui apa saja penyebab darah tinggi yang bisa mengancam setiap orang. Untuk sekedar memberi informasi mengenai penyebab darah tinggi, silahkan ikuti ulasan di bawah ini yang sudah dirangkum dari beberapa sumber di internet!

Penyebab Tekanan Darah Tinggi yang Patut Diketahui

Faktor Usia

Faktor usia menjadi salah satu penyebab seseorang untuk terkena tekanan darah tinggi. Biasanya semakin tinggi umur pada seseorang, maka semakin tinggi juga peluang terkena tekanan darah tinggi. Ini dikarenakan bagi orang yang memiliki usia lebih tua mengalami pengerasan pada pembuluh darah yang semakin bertambahnya umur semakin mengeras. Akibatnya orang tersebut dapat mudah terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Faktor Keturunan

Penyebab darah tinggi berikutnya adalah faktor keturunan. Keturunan tidak hanya terjadi pada warna kulit, sifat dari orang tua tetapi bisa juga untuk penyakit. Salah satu penyakit yang bisa diturunkan adalah tekanan darah tinggi. Jika salah satu orang tua memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka kemungkinan besar resiko tersebut dapat diturunkan kepada anaknya. Resiko yang cukup tinggi terhadap terkena tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu perbanyak konsumsi makanan sehat serta menghindari beberapa makanan yang bisa menimbulkan tekanan darah tinggi. Baca Juga Cara Agar Rambut Tidak Rontok 

Faktor Jenis Kelamin

Untuk jenis kelamin pria memang lebih besar terkena resiko tekanan darah tinggi dibandingkan dengan wanita. Namun bukan tidak mungkin para wanita terkena tekanan darah tinggi. Para wanita sebenarnya bisa juga terkena tekanan darah tinggi, hanya saja tingkat persentase yang dimiliki lebih kecil jika dibandingkan dengan kaum pria. Oleh sebab itu memulai hidup sehat dapat dilakukan oleh pria atau wanita untuk menghindari penyakit yang satu ini.

Pola Makan yang Tidak Baik

Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi permasalahan untuk terkena hipertensi. Pola makan seperti mengonsumsi makanan yang mengandung lemak kalori, dan juga gula yang cukup tinggi mampu mendatangkan resiko terkena darah tinggi. Dan yang menjadi pantangan untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi adalah menghindari makanan yang terlalu asin atau mengandung garam yang cukup tinggi. Oleh sebab itu mulailah untuk konsumsi buah dan sayuran dan kurangi makanan yang terlalu asin.

Kurang Berolahraga

Padatnya aktivitas seharian membuat seseorang untuk lupa akan berolahraga. Padahal sangat penting seseorang untuk berolahraga untuk menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh. Kurang berolahraga dapat menimbulkan efek kurang baik bagi tubuh, selain tubuh cepat lemas tetapi juga dapat terkena resiko tekanan darah. Ini dikarenakan meningkatnya resiko penyempitan pada pembuluh darah.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai penyebab darah tinggi yang harus Anda ketahui. Baca juga artikel lain Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

loading...