Penyebab dan Penanganan Anemia pada Anak

By Categories : Kesehatan

Banyak orang yang beranggapan penyakit anemia atau kekurangan darah tidak akan terjadi pada anak-anak. Memang kondisi ini sangat jarang terjadi tapi tidak menuntup kemungkinan anak bisa mengalami penyakit anemia. Menurut WHO, anemia pada anak-anak akan  dapat berakibat buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan menjadi terhambat. Selain itu juga dapat memicu berbagai gangguan lainnya seperti keterbatasan dalam beraktivitas sebab kondisinya yang cenderung lemah dan lesu akibat anemia tersebut. Baca juga akibat tekanan darah rendah.

Penyebab dan Penanganan Anemia pada Anak

Anemia merupakan sebuah gangguan kesehatan yang muncul karena disebabkan tubuh mengalami kadar hemoglobin dalam darah. Dimana kadar hemoglobin dalam tubuh berfungsi untuk mengikat dan mengangkut oksigen dari paru-paru yang dialirkan keseluruh tubuh. Menurut pernyataan Dr. Santoso Karo Karo, SpJP(K), MPH, dokter jantung dari RS Mitra Kemayoran, penyebab anemia pada anak secara umum disebabkan adanya cacing, kurang gizi dan thalassemia. Nah untuk lebih jelasnya terkait dengan anemia pada anak, berikut ini akan kami sajikan ulasan mengenai penyebab dan penanganan anemia pada anak. Langsung saja simak penjelasan berikut ini!

Berikut Penyebab dan Penanganan Anemia Pada Anak

Penyebab Anemia pada Anak

Penyebab anemia pada anak biasanya karena mengalami kekurangan asupan zat besi. Selain itu juga dapat disebabkan oleh faktor lainnya seperti memiliki kelainan pada sel darah merah, kurangnya produksi sel darah merah dan kekurangan darah akibat terjadinya pendarahan. Biasanya masalah yang satu ini terjadi pada anak yang berusia 6 bulan ke atas. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut merupakan masa zat homoglobin mengalami peningkatan. Untuk mencukupi zat tersebut salah satunya dengan mengonsumsi makanan padat yang banyak mengandung zat besi. Sedangkan pada umumnya, anak di usia tersebut sangat sulit untuk makan, maka dengan begitu sangat wajar jika mengalami anemia. Selain itu bisa juga karena disebabkan anak terlalu banyak meminum susu. Banyak minum susu membuat penyerapan kalsium di usus menghalangi penyerapan zat besi dalam tubuh.

Menangani Anemia Pada Anak

Seperti yang kita tahu penyebab anemia pada anak salah satunya adalah karena disebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh. Maka untuk menangani anemia pada anak dengan cara memenuhi asupan zat besi, bisa dalam bentuk suplemen zat besi ataupun makanan. Jika memberikan suplemen zat besi sebaiknya selalu diperhatikan penggunaanya karena dapat menyebabkan kontipasi yang justru membahayakan terhadap kesehatan anak.

Zat besi dapat diperoleh dari bahan makan yang berasal dari tumbuhan ataupun hewan. Zat besi yang berasal dari hewani jauh lebih mudah diserap tubuh dibandingkan zat besi yang berasal dari nabati. Seperti contohnya daging unggas, seafood, telur dan jenis makanan lainnya. Baca juga artikel terkait lainnya Penyebab dan Pencegahan Anemia pada Ibu Hamil.

Cara mencegah anemia secara alami

Untuk mencegah anak terkena anemia, Anda dapat melakukannya dengan pengobatan secara alami. Bahan makanan alami tentu lebih baik untuk tubuh anak karena tidak memiliki efek samping. Ada berbagai macam obat alami mencegah anemia yang dapat Anda gunakan. Bahan-bahan tersebut juga cukup mudah untuk didapatkan dan memiliki harga yang terjangkau.

  • Makanan dengan zat besi

Seperti yang kita ketahui jika anemia merupakan penyakit yang diakibatkan kekurangan zat besi. Hemoglobin tersusun atas zat besi dan protein. Sehingga agar hemoglobin tetap stabil, anak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Makanan yang dapat Anda pilih adalah beras merah, kurma, hati, bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya.

  • Apel

Anemia pada anak dapat dicegah dengan buah apel. Buah apel merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan zat besi. Selain memiliki banyak vitamin dan mineral, apel juga dipercaya mampu meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat mencegah penyakit anemia. Selain dapat mencegah anemia, apel juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya.

  • Umbi-umbian

Cara mencegah anemia selanjutnya adalah dengan mengonsumsi umbi-umbian, salah satunya adalah ubi jalar. Bahan alami ini mengandung asam folat serta kalium. Selain itu, ubi jalar mengandung serat yang cukup bagus untuk pencernaan. Untuk mengolahnya, Anda dapat merebus, dibuat kolak, atau sebagai campuran jus.

  • Madu

Sudah bukan rahasia lagi jika madu merupakan bahan alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah anemia pada anak. Selain memiliki kandungan zat besi, madu juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Anda dapat mengolah madu sebagai bahan campuran berbagai jenis makanan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hemoglobin pada tubuh.

  •  Gula merah

Cara lain untuk mengatasi anemia adalah dengan mengonsumsi gula merah. Jika Anda rutin mengonsumsi gula merah maka kadar hemoglobin dalam tubuh akan meningkat. Gula merah mengandung zat besi yang juga baik untuk kesehatan tubuh. Cara mengosumsinya adalah dengan mencampurkannya pada masakan atau teh untuk diminum.