Penyebab dan Cara Mengatasi Vertigo Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Vertigo merupakan gangguan kesimbangan yang membuat penderitanya merasa pusing dan juga ruang sekelilingnya terasa berputar-putar ataupun melayang. Kata vertigo sendiri berasal dari kata vetere yang dalam bahasa Yunani memiliki arti berputar dan memutar. Penyakit yang satu ini tidak disebabkan oleh faktor keturunan, melainkan karena migrain, radang pada leher, infeksi pada telinga, kurangnya asupan oksigen ke otak, stres ataupun karena pengaruh alkohol.

vertigo

Penyakit yang satu ini tentu saja dapat membuat penderita menjadi semakin tidak nyaman. Selain itu, penderita vertigo juga diharuskan untuk beristirahat total. Hal ini bertujuan agar penyakit tersebut tidak semakin parah. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi vertigo secara alami.

Penyebab dan cara mengatasi vertigo secara alami

Duduk ataupun berbaring

Yang pertama adalah duduk ataupun berbaring. Ketika terkena vertigo hindari berdiri dari tempat Anda berasal, segeralah untuk duduk ataupun berbaring. Jika  memaksakan diri untuk berdiri bisa saja Anda akan pingsan dan tidak sadarkan diri. Oleh karena itu sebaiknya duduk ataupun berbaring. Kedua hal tersebut sangat berguna untuk meredakan sensasi berputar dan pusing. Ketika duduk ataupun berbaring, pastikan Anda memposisikan kaki lebih tinggi dari kepala agar sirkulasi darah yang menuju otak semakin lancar.

Melatih gerakan otot mata

Yang kedua adalah dengan cara melatih gerakan otot mata. Latihlah otot mata mengikuti arah obyek yang sedang bergerak seperti kendaraan di jalan raya. Pastikan mata Anda benar-benar fokus terhadap benda yang sedang bergerak. Melakukan hal ini secara teratur dapar meringankan vertigo yang Anda derita. Selain itu Anda juga bisa melatih bola mata ke kanan dan ke kiri secara horizontal dengan mata terbuka kemudian gerakkan bola mata ke atas dan ke bawah secara vertikal.

Selalu menjaga kesehatan telinga

Seperti yang Anda ketahui salah satu penyebab vertigo adalah karena adanya infeksi bakteri pada telinga. Oleh karena itu salah satu cara mengatasi vertigo selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kesehatan telinga. Hal ini bertujuan agar terhindar dari infeksi bakteri pada telinga.

Bangun tidur secara perlahan

Ketika vertigo menyerang Anda harus bangun tidur secara perlahan hindari beberapa gerakan yang terlalu cepat ketika beranjak dari tempat tidur kemudian duduklah telebih dahulu untuk meringankan vertigo. Pastikan pula duduk dengan posisi punggung lurus dengan kepla dan pinggul dengan kepala terbuka setelah itu Anda bisa berdiri perlahan dengan mata tertutup.

Minum air putih

Berikutnya adalah dengan  mengonsumsi air putih. Air putih yang diminum dapat membantu untuk mengontrol kepala berputar akibat serangan vertigo. Ketika mendapati gejala vertigo segera minum air sebanyak-banyaknya. Hal ini berguna untuk meredakan gejala lainnya seperti mual, muntah pusing dan lelah.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi vertigo secara alami. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan untuk mengatasi vertigo. Berikut beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi.

Makanan untuk penderita vertigo

Bayam

Bayam mengandung vitamin B6 yang dikonsumsi sebagai makanan yang dapat mengobati vertigo. Penderita vertigo membutuhkan asupan vitamin B6 sebagai tambahan nutrisi yang cukup baik. Selain itu, bayam juga merupakan makanan penurun darah tinggi. Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi bayam yang sudah dimasak lebih dari 4 jam.

Ikan air tawar

Penderita vertigo disarankan untuk menghindari mengonsumsi daging.  Sebagai penggantinya, Anda dapat mengonsumsi ikan air tawar untuk memenuhi asupan protein. Ikan air tawar juga tidak banyak mengandung garam sehingga baik untuk kesehatan tubuh lainnya.

Mengkudu

Cara mengatasi vertigo secara alami juga dapat dengan mengonsumsi mengkudu. Buah ini mengandung nutrisi yang mampu meringankan vertigo. Anda dapat mengonsumsi vertigo dalam bentuk pil yang banyak ditemukan di toko obat atau biasanya disebut dengan ekstrak. Selain itu, buah mengkudu juga dipercaya mampu membuat tubuh lebih segar dan tidak mudah letih.

Selai kacang

Selai kacang atau olahan kacang mengandung vitamin B6. Bagi penderita vertigo, dengan mengonsumsi selai kacang satu sendok makanan setiap hari mampu menambah metabolisme serta menangkal radial bebas agar tidak memperparah penyakit vertigo.

Alpukat

Buah ini juga mengandung vitamn B6 dan lemak tak jenuh sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita vertigo. Anda dapat mengolahnya dalam bentuk jus atau dicampurkan dengan hidangan lain seperti salad atau pasta. Selain itu, alpukat juga merupakan salah satu makanan untuk penderita tipes.

Jahe

Mengonsumsi air rebusan jahe yang ditambah sedikit gula secara rutin sangat bagus untuk penderita vertigo. Kandungan pada jahe dapat menghilangkan rasa mual pada perut dan dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh. Hal ini dapat memberikan efek relax atau menenangkan tubuh penderta vertigo.

Baca juga artikel terkait lainnya penyebab dan cara mengatasi sakit kepala bagian belakang.