Penyebab Bayi Sungsang dalam Proses Persalinan

By Categories : Kesehatan

Letak sungsang merupakan keadaan dimana janin dalam rahim berada dalam posisi yang memanjang dan kepala berada pada fundus uteri dan bokong berada pada bagian rahim. Ada banyak penyebab yang membuat bayi sungsang yang peru Anda ketahu. Posisi bayi sungsang merupakan hal yang ditakuti oleh kebanyakan wanita ketika hamil. Hal ini dikarenakan keadaan ini dapat beresiko terhadap janin yang sedang dikandungnya, terutama ketika melahirkan.  Karena posisi janin yang terbalik akan lebih sulit dilahirkan dan berpotensi terhadap kesehatan bayi.

Penyebab Bayi Sungsang dalam Proses Persalinan

Kenali jenis-jenis posisi bayi sungsang

Secara medis, ada beberapa jenis posisi bayi sungsang sebagai berikut :

  1. Presententasi bokong murni, yaitu posisi janin sungsang dimana bagian bokong berada di bawah dan kedua kaki terangkat ke aras sehingga ujung kedua kaki sejajar dengan bahu atau setinggi dengan kepala janin.
  2. Presentasi bokong kaki sempurna, yaitu posisi janin sungsang dimana bagian bokong berada di bawah dan kedia kaki menyilang sempurna di bagian samping bokong.
  3. Presentasi bokong kaki tidak sempurna, yaitu posisi janin sungsang dimana bagian bokong berada di bawah, salah satu kaki di sampingbokong dan satu kakinya lagi terangkat ke atas.

Penyebab bayi sungsang

Letak janin dalam rahim dangat tergantung pada proses janin untuk beradaptasi pada ruangan saat di dalam rahim. Saat kehamilan berusia 32 minggu, jumlah air ketuban pada rahim sudah lebih banyak yang membuat janin dapat bergerak dengan leluasa di dalam rahim. Hal ini yang membuat janin mampu menempatkan diri dengan posisi kepala di bawah atau dalam kondisi normal, posisi bokong di bawah atau sungsang, atau bahakan posisi melintang.

Setelah itu pada triwulan terakhir janin akan mulai tumbuh dan jumlah air ketuban akan berkurang. Jika janin berada pada posisi normal maka bokong dan kedua tungkai terlipat dan memiliki ukuran lebih besar dibanding kepala sehingga bokong akan menempati ruangan yang luas pada daerah puncak rahim. Sedangkan kepala menemoati ruangan yang lebih kecil di bagian rahim. Namun karena beberapa sebab, bokong maupu tungkai tidak  menempati puncak rahim tetapi berada pada dasar rahim.

Ada banyak penyebab bayi sungsang, antara lain :

  • Kehamilan kembar
  • Kehamilan kurang bulan
  • Sering melahirkan (multiparitas)
  • Air ketuban berlebihan
  • Hidrosefalus
  • Plasenta menutup jalan lahir
  • Plasenta di puncak rahim (fundus uteri)
  • Panggul sempit

Agar bayi Anda tetap sehat, periksalah bayi Anda setiap satu bulan sekali agar penyebab bayi sungsang dapet mudah terdeteksi sejak dini. Usahakan untuk melakukan USG kehamilan dengan dokter atau bidan setiap 3 bulan sekali.

baca juga Penyebab Bayi Lahir Prematur