Oleh-Oleh Khas Dieng Wonosobo

By Categories : Makanan

Dieng Wonosobo tidak hanya terkenal dengan pemandangan alam indah yang dapat memanjakan siapa saja yang berkunjung. Namun selain itu juga terkenal dengan oleh-oleh khas dieng baik itu cemilan sampai dengan makanan khas yang banyak dicari para pengunjung ketika sedang berkunjung. Oleh sebab itu ketika Anda sedang berkunjung ke Dieng, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Dieng sebagai buah tangan untuk keluarga atau teman.

Oleh-Oleh Khas Dieng Wonosobo

Berikut Oleh-Oleh Dieng Wonosobo

Carica Dieng Wonosobo

Oleh-oleh Dieng Wonosobo yang pertama adalah Carica. Carica memang menjadi salah satu makanan atau jajanan khas utama dari Dieng Wonosobo. Buah yang hanya dapat tumbuh di dataran tinggi Dieng ini menarik para pengunjung. Pasalnya buah carica dapat diolah menjadi berbagai manaman atau minuman seperti manisan carica, sirup carica, keripik carica, dan banyak lagi. Carica Dieng mempunyai rasa unik sebagai produk olahan yang paling banyak dicari para pengunjung. Produk dari Carica juga sudah menyebar sampai ke luar negeri sebagai salah satu ikon Dieng Wonosobo.

Kacang Dieng

Kacang dieng memiliki cita rasa gurih yang memiliki ukuran besar. Kacang unik ini berasal dari dataran tinggi Dieng. Pada mulanya kacang Dieng diolah oleh sekelompok masyarakat dan dipasarkan bersama. Namun saat ini ketika Anda mengunjungi Wonosobo sudah banyak menemui kacang Dieng yang diolah menjadi cemilan sehat dan lezat. Tak heran jika oleh-oleh yang satu ini juga banyak dicari oleh para wisatawan sebagai buah tangan. Baca Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Keripik Jamur Wonosobo

Oleh-oleh khas Dieng berikutnya adalah keripik jamur Wonosobo. Tidak kalah dengan Carica yang diolah menjadi berbagai produk olahan, keberadaan keripik jamur Wonosobo juga banyak diminati kebanyakan pengunjung. Terdapat beberapa varian dalam keripik jamur yang diolah seperti jamur tiram, jamur kuping, dan jamur lain yang bisa dikonsumsi. Peminat dari keripik jamur Wonosobo begitu banyak. Oleh sebab itu saat ini terdapat banyak varian rasa keripik jamur seperi rasa original, rasa keju, rasa pedas, dan banyak lagi.

Dendeng Gepuk

Untuk makanan yang satu ini mungkin Anda sudah sering mendengarnya. Dendeng merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi yang wajib untuk dicoba. Untuk mendapatkan makanan lezat yang satu ini, Anda perlu pergi ke pusat oleh-oleh khas Dieng Wonosobo yang biasanya terdapat di pusat kota. Dendeng gepuk lezat disantap bersamaan dengan nasi hangat dan juga sambal bajak.

Opak Singkong

Opak Singkong merupakan salah satu oleh-oleh khas Dieng Wonosobo berasal dari daerah Kalibeber, Kabupaten Wonosobo yang juga dicari banyak wisatawan. Seperti namanya Opak Singkong berbahan dasar dari Singkong yang diolah menjadi makanan ringan atau cemilan. Pada umumnya opak singkong memiliki cita rasa gurih dan asin yang patut untuk dicoba serta cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dari Dieng Wonosobo.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai oleh-oleh khas Dieng Wonosobo yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Dieng. Adapun jajanan khas dari Wonosobo seperti kemul, geblek, dan juga kue mangkok. Baca Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Enak dan Terkenal

terms: kacang dieng wonosobo