Objek Wisata Jawa Tengah yang Menjadi Andalan di 2016

By Categories : Wisata

Jawa Tengah merupakan salah satu pusat kebudayaan di Pulau Jawa. Provinsi ini memiliki banyak peninggalan sejarah serta tempat wisata yang begitu menarik. Wisata tersebut berupa keindahan alam seperti gunung, pantai, danau, dan goa. Sedangkan untuk wisata buatan terdapat kebun binatang, museum, dan wahana wisata menarik lainnya. Hal ini menjadikan provinsi menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia, baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Saat ini terdapat objek wisata Jawa Tengah yang menjadi andalan pada tahun 2016. Objek wisata tersebut diharapkan mampu menambah jumlah wisatawan yang datang ke Jawa Tengah. Sebagian besar wisata di povinsi ini menawarkan keindahan alam yang indah dan mempesona.

Objek Wisata Jawa Tengah yang Menjadi Andalan di 2016

Berikut objek wisata Jawa Tengah

  1. Dieng, Wonosobo

Objek wisata yang pertama adalah datarang tinggi Dieng. Wisata ini berada di kabupaten Wonosobo dengan jarak sekitar 30 dari pusat kota. Dieng merupakan sebuah gunung dengan ukuran besar dan panjang hingga menyerupai sebuah dataran tinggi. Ini merupakan dataran tinggi paling tinggi di Jawa Tengah yang mencapai 2.000 mdpl, sehingga cuaca di kawasan Dieng cukup dingin.

Salah satu objek wisata Jawa Tengah yang menjadi andalan ini memiliki banyak tempat menarik, seperti kawah, candi, tlaga warna, dan bukit sikunir yang terkenal dengan sunrise yang mempesona. Selain itu, di kawasan ini juga selalu mengadakan festival Dieng dan tradisi potong rambut gimbal yang unik.

  1. Kepulauan Karimun Jawa, Jepara

Objek Wisata Jawa Tengah yang menjadi andalan berikutnya adalah Karimun Jawa. Objek wisata ini berada di sebelah utara Kabupaten Jepara. Untuk menuju ke kepulauan ini harus menyebarang dengan menggunakan kapal cepat atu kapal fery. Karimun Jawa terdiri dari 27 pulau dan 5 di antaranya sudah dihuni oleh manusia.

Yang menarik dari tempat wisata ini adalah keindahan alam bahwa laut yang masih alami. Anda dapat melakukan snorkling dan menyelam dan melihat konservasi hiu di Karimun Jawa. Waktu yang tepat untuk beriwisata ke Karimun Jawa adalah antara bulan Juli hingga September.

  1. Candi Borobudur, Magelang

Siapa yang tidak kenal dengan candi yang menjadi salah satu yang terbesar di dunia ini? Candi Borobudur berlokasi di Kabupaten Magelang dan merupakan destinasi wisata andalan Jawa Tengah. Candi ini menjadi Candi Budda terbesar di dunia sehingga banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata ini. Anda dapat belajar mengenai peradaban Buddha di Jawa Tengah dengan melihat relief pada candi. Candi Borobudur dibangun sejak tahun 770 Masehi dan setiap musim liburan, Candi ini dipadati banyak pengunjung. Selain itu, objek wisata Jawa Tengah ini juga kerap dijadikan pusat ibadah umat Budda di Asia Tenggara.

  1. Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang

Museum kereta api ini terletak di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Awalnya museum ini merupakan sebuah stasiun kereta api yang paling ramai sejak zaman penjajahan Belanda. Museum ini sebagai akses perdagangan di Pulau Jawa. Kemudian karena sudah lama tidak terpakai, stasiun ini dijadikan sebagai museum kereta api. Di dalam museum ini kita dapat mengetahui sejarah perkereta apian di Indonesia dari masa ke masa. Ada berbegai macam koleksi unik yang berhubungan dengan kereta api.

Terdapat kereta uap yang digunakan sejak zaman dahulu, telepon kuno, alat telegraph, dan beberapa peralatan stasiun lama. Museum kereta api Ambarawa sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Selain menarik, Anda juga akan mendapatankan banyak pengetahuan mengenai sejarah perkerata apian di Indonesia.

  1. Pantai Kartini, Jepara

Pantai ini berada di Kabupaten Jepara. Di area Pantai Kartini terdapat bangunan yang menyerupai kura-kura. Bangunan ini memiliki ukuran yang cukup besar karena di dalamnya terdapat  aquarium raksasa. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati beberapa permainan. Bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga, tempat ini dapat dijadikan sebagai pilihan yang cocok karena di area Pantai Kartini terdapat pepohonan yang rimbun dan sejuk.  Selain itu, Anda juga dapat menyewa perahu untuk mengelilingi laut di sekitar pantai.

  1. Candi Prambanan, Klaten

Selain Cando Borobudur, di Jawa Tengah juga terdapat Candi Prambanan yang juga sangat populer. Candi ini berada di Kabupaten Klaten, tepatnya diperbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena berapa di area erbatasan maka pengelolaannya juga dibagi menjadi dua antara Jawa Tengah dan DIY. Candi Prambanan merupakan Candi Hindu yang sering digunakan untuk upacara keagamaan. Candi ini terkenal dengan legenda Roro Joggrang dan Bandung Bondowoso. Objek wisata Jawa Tengah ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan, terutama yang sedang berwisata ke Yogyakarta pasti tidak ketinggalan untuk datang ke Candi Prambanan.

Itulah beberapa objek wisata Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi. Tempat wisata di Jawa Tengah tentunya memiliki keunikan tersendiri, ditambah dengan kulinernya yang beraneka ragam.

terms: tempat wisata jawa tengah terbaru, gunung paling ramai dikunjungi tahun 2016