Obat Sakit Mata Berair dan Aman Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Obat sakit mata berair dapat diatasi dengan menggunakan obat tetes mata atau dengan menggunakan cara-cara tradisional. Obat tetes mata dapat Anda beli di apotek dengan berbagai macam merek. Sedangkan untuk mengatasi sakit mata berair menggunakan cara tradisional dapat menggunakan bahan-bahan alami. Penggunaan bahan alami mungkin lebih banyak diminati karena selain mudah untuk membuatnya, bahan alami juga aman untuk kesehatan mata karena tidak menimbulkan efek samping.

Mata berair atau dalam istilah medis disebut dengan epiphora merupakan kondisi dimana mata mengeluarkan air secara terus menerus. Penyebab air mata berlebih adalah terjadi penyumbatan sistem drainase lakrimal. Penyumbatan tersebut terjadi karena adanya penyempitan atau mengecilnya saluran nasolakrimal. Selain berair, kondisi mata yang sakit biasanya akan terasa gatal, penglihatan menjadi kabur, mata berwarna kemerahan serta keluar kotoran. Gejala tersebut disebut dengan konjungtivitas dan penyakit ini dapat dengan mudah menular serta bisa berlangsung hingga berbulan-bulan. Untuk itu, obat sakit mata berair sangat dibutuhkan agar kondisi mata kembali normal.

Konjungtivitas merupakan penyakit mata akibat iritasi atau terjadi peradangan akibat dari infeksi di sebagian selaput yang melapisi mata. Beberapa faktor yang dapat menyebakan adalah karena infeksi virus atau bakteri, alergi dari debu, angin, asap, serta penggunaan lensa kontak yang terlalu lama. Sakit mata yang semakin parah dapat membuat mata lengket dan bengkak.

Obat Sakit Mata Berair Secara Tradisional

mata

Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih sudah terbukti sejak lama memiliki khasiat untuk mengatasi iritasi pada mata seperti mata merah, gatal dan berair. Caranya juga cukup mudah, Anda siapkan beberapa lembar daun sirih kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih Anda angkat lalu diamkan hingga dingin. Anda dapat rendam muka pada air rebusan tersebut dan buka mata. Lakukan cara tersebut pada pagi dan sore hari.

Bawang Putih

Obat sakit mata berair selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ternyata berkhasiat untuk mengatasi mata berair secara alami. Caranya adalah dengan memotong bagian ujung bawang putih. Hal ini agar kandungan di dalam bawang putih dapat keluar lalu gosokkan secara merata pada bagian mata tepat sejajar dengan bulu mata seperti menggunakan eye liner pada bagian bawah mata. Diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Anda dapat melakukan cara ini malam malam hari sebelum tidur.

Susu

Susu murni merupakan pengobatan rumah yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah mata bengkak dan berair. Caranya adalah dengan menyiapkan susu murni pada mangkuk kemudian ambil kapas dan basahi dengan susu murni tersebut. Kompres mata menggunakan kapas tersebut untuk mendapatkan efek pendingingan. Lakukan cara ini secara rutin pada pagi dan malam hari.

Mentimun

Mentimun merupakan salah satu obat sakit mata berair yang sangat efektif. Bahan alami ini memiliki sifat anti iritasi yang dapat mengurangi peradangan serta pembengkakan pada mata. Cara menggunakannya cukup mudah, ambil satu buah mentimun lalu iris menjadi beberapa bagian. Setelah itu gunakan dengan cara ditempelkan pada bagian mata dan diamkan selama 15 menit hingga airnya kering. Cara ini dapat Anda lakukan hingga 3-4 kali dalam sehari. Namun sebelum perawatan, pastikan wajah Anda dalam kondisi bersih.

Irisan Kentang

Kentang yang masih mentah dapat digunakan untuk mengatasi mata berair dan gatal dengan cepat. Untuk mengurangi peradangan di bagian mata, Anda dapat mendinginkan irisan kentang pada lemari es. Setelah itu tempelkan pada bagian mata. Cara ini mampu mendinginkan serta membuat membuat mata menjadi rileks sehingga rasa merah, perih, dan berair dapat hilang dan mata kembali normal.

Teh Hijau

Manfaat teh hijau untuk kesehatan memang tidak dapat diragukan lagi, salah satunya adalah mengatasi mata sakit dan berair. Teh hijau mengandung anti bakteri yang efektif mengobati mata gatal. Cara menggunakannya adalah rebus 1 cangkir teh hijau dan diamkan hingga airnya dingin. Setelah itu bilas mata Anda dengan air teh hijau pada pagi dan sore hari.

Larutan Garam

Air garam ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi mata sakit dan berair. Garam dapat menjadi agen antibakteri yang cukup efektif dalam membunuh bakteri penyebab mata merah dan sakit. Caranya adalah larutkan 2 sedok garam pada wadah kemudian bilas wajah, terutama bagian mata menggunakan air rendaman tersebut. Cara ini juga terbukti ampuh untuk mencegah pembengkakan pada mata.

Gel Lidah Buaya

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan sedikit madu dan dua cangkir teh. Setelah itu bilas mata menggunakan campuran tersebut secara merata. Anda dapat menggunakan cara ini dua kali sehari pada pagi dan mala hari.

baca juga : inilah obat mata minus tradisional

Itulah beberapa obat sakit mata berair secara alami yang perlu Anda ketahui.