Menikmati Keindahan Pantai Klayar Pacitan, Jawa Timur

By Categories : Wisata

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Klayar? Pantai Klayar Pacitan ini memiliki keindahan alam yang sangat menawan dan mengagumkan. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya, salah satu pantai terbaik di Jawa Timur ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya air mancur alami setinggi 10 meter, bebatuan karang yang memiliki bentuk unik hingga karang raksasa yang mirip seperti Sphinx.

Pantai Klayar Pacitan

Pantai yang terletak di Kecamatan Donorojo, tepatnya di Desa Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini seringkali dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam ataupun luar negeri. Meskipun popularitasnya belum setenar dengan Pantai Teleng Ria ataupun Goa Gong di Pacitan, pantai ini merupakan destinasi menarik yang harus dikunjungi ketika Anda pergi ke sana. Untuk bisa sampai ke salah satu pantai di Pacitan ini Anda harus menempuh jarak sekitar 40 km pada arah barat Pacitan dan kira-kira harus menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Sekilas tentang Pantai Klayar Pacitan

Jika Anda mengunjungi pantai ini pada hari biasa mungkin hanya akan mendapati nelayan lokal yang beraktivitas di pantai ini. Akan tetapi pada hari libur, Pantai Klayar merupakan salah satu tempat wisata tervaforit di Jawa Timur. Setibanya di oantai ini Anda bisa melihat dua karang setinggi pohon kelapa di sisi timur pantai. Karang itulah yang menjadi ikon dan ciri dari Pantai Klayar itu sendiri. Tak hanya itu saja keunikannya, jika dilihat dengan jelas karang raksasa tersebut hampir mirip seperti wisata di Bali, yaitu Tanah Lot.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Klayar

Ombaknya yang tergolong besar dan banyaknya batu karang sebaiknya Anda tidak berenang di sana. Di Pantai Klayar Pacitan ini Anda juga dapat menjumpai hal unik lainnya, yaitu Anda bisa mendengar seruling samudra. Seruling samudera sendiri merupakan sebutan untuk fenomena di mana terdapat cekungan di bagian bawah tebing dan batuan. Ketika cekungan tersebut diterjang ombak laut, maka air akan muncul dari sela-sela bebatuan dan menghasilkan bunyi seperti seruling.

Ketika Anda hendak naik ke tebing yang bebrbentuk Sphinx, sebaiknya berhati-hati karena tebing tersebut tergolong curam dan tinggi. Semburan kencang air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan juga dapat menciptakan air mancur yang tingginya kadang mencapai 10 meter.

Akses menuju ke Pantai Klayar Pacitan

Perlu diketahui pantai ini dapat ditempuh hanya 12 km dari wisata Goa Gong. Jika Anda dari Jogjakarta maka rute terbaik yang bisa Anda tempuh adalah mengambil jalan melalui Wonosari di Gunungkidul. Daerah yang di lalui adalah Pathuk lalu ke kota Wonosari kemudian ke Pracimantoro, Gribelah, perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Punung lalu Pantai Klayaar itu sendiri.

Namun ketika Anda dari Solo sebaiknya Anda menuju ke Pracimantoro setelah  tiba di pertigaan Gribelah beloklah ke kanan hingga tiba di perempatan Kalak. Untuk bisa sampai ke pantai ini Anda masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 1 jam.