Mengenal Jenis Kain Batik yang Paling Banyak Digunakan

By Categories : Umum

Tahukah Anda jenis kain apa saja yang dapat di batik? Ternyata tidak semua  jenis kain bisa di batik dan hanya kain berbahan tertentulah yang bisa digunakan untuk mendapatkan hasil batikan yang lebih maksimal. Secara teknis, ada beberapa persyaratan jika kain tersebut akan digunakan untuk membatik, seperti kain tersebut tidak akan mudah rusak karena pengaruh proses batik, dapat diberi warna pada susu dingin  ataupun suhu kamar.

jenis batik

Umumnya jenis kain batik yang banyak digunakan adalah kain yang dibuat dari serat alami seperti serat selulosa ataupun tumbuh-tumbuhan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah macam-macam kain untuk batik.

Inilah jenis kain batik yang sering digunakan

Kain Grey

Yang pertama adalah kain grey. Kain grey merupakan kain tenun benang kapas yang tidak mengalami proses pemutihan, sehingga warnanya masih alami. Jenis kain ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam, seperti kaij blacu, kain tenun ATBM dan juga kain tenun Gedhog. Kain tenun blacu merupakan kain tenun kapas olahan pabrik. Kain tenun ATBM adalah kain tenun kapas yang dihasilkan dengan menggunakan alat tenun. Sedangkan kain tenun Gedhog merupakan kain tenun yang dibuat dari serat kapas dengan alat tenun tradisional batik.

Kain mori

Yang kedua adalah kain mori. Kain mori adalah kain tenun benang kapas yang merupakan hasil olahan pabrik dengan anyaman polos dan diputihkan. Umumnya ada beberapa macam kain mori, antara lain mori primissima, mori biru, mori voalisima, mori prima dan berkolin. Baca juga ciri-ciri batik cap.

Kain rayon

Jenis kain batik yang sering digunakan selanjutnya adalah kain rayon. Kain rayon adalah kain benang rayon yang berasal dari serat hasil regenerasi serat selulosa. Kelebihan rayon dari jenis kain lainnya adalah kain rayon lebih berkilau dan memiliki sifat menggantung yang lebih baik. Akan tetapi dalam keadaan basah kekuatan rayon akan semakin berkurang.

Kain kaos kapas

Berikutnya adalah kain kaos kapas. Kain ini seringkali digunakan untuk membuat batik dalam bentuk produk kaos oblong. Selain itu biasanya batik Tuban juga menggunakan kain kaos kapas untuk kaos dengan motif batik khas Tuban.

Kain sutra

Siapa yang tidak kenal dengan kain sutera. Kain sutera terbuat dari serat kepompong ulat sutera. Jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya, kain sutera adalah kain yang paling istimewa dan memiliki harga yang relatif mahal. Selain halus dan lembut, kain sutra merupakan salah satu jenis kain yang sangat nyaman dan tidak panas ketika digunakan. Oleh karena itu pakaian yang terbuat dari kain sutra memiliki keunggulan dan kelebihan tersendiri.

Nah itulah beberapa jenis kain batik yang sering digunakan. Akan tetapi pemilihan bahan tergantung untuk apa kain tersebut akan digunakan.

Baca juga makna motif kain batik.

Jenis motif batik paling populer di Indonesia

Batik memiliki motif yang sangat beragam, dan setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Di Indonesia terdapat lebih dari 30 jenis motif batik yang berbeda-beda. Namun ada beberapa motif batik yang cukup populer di Indonesia. Motif batik tersebut memiliki makna yang dipercaya hingga saat ini. Berikut jenis motif kain batik paling populer di Indonesia.

  • Motif Batik Sekar Jagad

Motif batik ini berasal dari Yogyakarta. Orang-orang Jawa memaknai motit batik ini sebagai keindahan dan kecantikan yang mampu membuat orang lain terpesona saat melihatnya. Jenis motif batik ini berbentuk pulau-pulau, dari situlah banyak yang menamakannya Sekar Jagad. Jika dalam bahasa Jawa, “kar jagat” artinya adalah peta dunia.

  • Motif Batik Sidomukti Magetan

Seperti namanya, motif kain batik ini berasal dari Kabupaten Magetan. Motif kain ini biasanya memiliki motif dasar berupa gambar bambu yang dibuat pada jenis kain batik sutra. Masyarakat Magetan biasanya menggunakan motif batik ini untuk upacara adat atau acara-acara resmi lainnya.  Batik Sidomukti Magetan memilki filosofi atau makna yang menggambarkan harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir dan batin.

  • Motif Batik Keraton

Dahulu, motif batik ini hanya boleh digunakan oleh Sultan dan keluarganya. Motif Batik Keraton tidak diperkenankan untuk dipakai masyarakat biasa. Alasannya adalah karena penemu motif batik ini merupakan putri keraton Yogyakarta yang masih keluarga Sultan. Namun saat ini peraturan tersebut sudah dicabut dan masyarakat biasa sudah dapat mengenakan motif batik ini.

  • Motif Batik Pekalongan

Motif Batik Pekalongan banyak dipengaruhi oleh kebudayaan dari luar. Hal ini karena letak Pekalongan sangat strategis sebagai lokasi perdagangan dari segala penjuru. Kebanyakan motif Batik Pekalongan didominasi motif tumbuh-tumbuhan.

  • Motif Batik Solo

Batik Solo juga disebut dengan barik sogan. Batik ini cenderung memiliki warna cokelat karena menerapkan konsep tradisional dan masih menggunakan bahan-bahan alami untuk membuatnya. Filososfi dari Batik Solo menggambarkan gelombang-gelombang Sungai Bengawan Solo yang membawa ketenangan. Orang akan terlihat berwibawa saat menggunakan motif batik Solo dengan jenis kain batik terbuat dari bahan sutra.

terms: macam kain batik