Memahami Pengertian, Bagian-bagian Telinga dan Fungsinya

By Categories : Pendidikan

Apa saja bagian-bagian telinga dan fungsinya? Begitulah sekiranya hampir setiap orang menanyakannya. Tak hanya anak sekolahan yang mencari materi ini untuk menyelesaikan tugas mereka, setiap orang yang ingin mengetahui bagian tubuh, terutama telinga juga seringkali mencari materi yang satu ini. orang awam menyebut, bahwa salah satu fungsi telinga adalah untuk mendengar. Namun ternyata tiap bagian memiliki fungsi tersendiri. Nah daripada penasaran, simak saja ulasan berikut ini.

Pengertian Organ Telinga

Tahukah Anda apa itu telinga? Telinga adalah salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai indra pendengaran. Tak hanya itu saja, telinga juga memiliki peranan untuk menjaga keseimbangan.

Dikatakan sebagai indra pendengaran karena telinga memiliki reseptor khusus yang berfungsi untuk mengenali getaran suara. Meskipun begitu, telinga manusia memiliki batasan frekuensi suara yang dapat didengar. Frekuensi suara yang bisa didengar oleh manusia adalah 20 Hz – 20.000 Hz.

Fungsi Organ Telinga

Sudah dijelaskan tadi bahwa fungsi telinga ada dua macam, yaitu sebagai indra pendengaran dan sebagai pengatur keseimbangan.

Telinga sebagai indra pendengaran ini berarti telinga berfungsi sebagai indra pendengaran apabila terdapat gelombang suara yang masuk melalui telinga luar. Setelah itu suara akan diterima oleh otak melalui proses yang terjadi.

Telinga sebagai pengatur keseimbangan ini berarti telinga memiliki struktur khusus yang dapat mengatur dan menjaga keseimbangan tubuh. Organ ini berhubungan dengan saraf otak ke VIII yang berfungsi dalam menjaga kesimbangan dan untuk mendengar.bagian bagian telinga dan fungsinya

Bagian-bagian Telinga dan Fungsinya

Telinga Luar

Sama seperti namanya, telinga luar adalah bagian terluar dari telinga itu sendiri. Pada bagian ini terdiri atas 3 bagian, yaitu daun telinga (aurikula). Saluran telinga luar (analis auditoris eksternal), dan gendang telinga (membran timpani) yang membatasi telinga luar dan telinga dalam.

Baca juga tips membersihkan telinga yang aman

  • Daun Telinga, daun telinga adalah susunan tulang rawan yang memiliki bentuk khas untuk mendukung fungsinya. Fungsi dari daun telinga adalah untuk memusatkan gelombang suara yang masuk ke saluran telinga.
  • Saluran Telinga Luar, di dalam bagian ini terdapat kelenjar sudorifera yaitu kelenjar yang dapat menghasilkan serumen. Serumen ini berungsi untuk menjaga telinga agar tidak banyak kotoran dari luar yang masuk serta mencegah serangga masuk ke dalam telinga.
  • Membran Timpani, gendang telinga atau membran timpani ini berfungsi untuk menangkap gelombang suara.

Telinga Tengah

Fungsi utama dari telinga tengan adalah untuk meneruskan suara yang diterima dari telinga luar ke telinga bagian dalam. Bagian ini merupakan rongga yang berisi udara dan menjaga tekanan udara tetap seimbang. Di bagian telinga tengan terdapat Tuba Eustachius, yaitu bagian yang menghubungkan telinga dengan rongga mulut (faring), dan fungsinya adalah untuk menyeimbangkan tekanan udara antara teliga bagian luar dan tengah.

Selain itu, di telinga tengah sendiri terdiri atas 3 tulang pendengaran utama yaitu  Maleus (martil), Incus (landasan), dan Stapes (sanggurdi). Ketiga tulang ini saling berhubungaan satu sama lain yang befungsi untuk mengirimkan getaran yang diterima dari membran timpani pada telinga luar menuju ke jendela oval telinga dalam.

Telinga Dalam

Bagian-bagian telinga dan fungsinya adalah telinga dalam. Telinga dalam disebut juga sebagai labirin karena bentuknya seperti labirin. Labirin tulang tersebut merupakan rongga yang terbentuk pada tonjolan tulang pelipis yang berisikan cairan perilimfe.

Labirin tulang telinga dalam sendiri terbagi menjadi 3 bagian dan memiliki fungsi yang berbeda, yaitu koklea, vestibuli dan kanalis semisirkularis.

  • Koklea

Koklea sering disebut sebagai rumah siput, sebab koklea memang berbentuk seperti tabung bengkok ke belakang lalu berlilit seperti rumah siput. Koklea sendiri berfungsi sebagai reseptor karena memiliki sel-sel saraf. Tak hanya itu saja, dalam tabung koklea terdapat membran basilaris yang berfungsi untuk memisahkan koklea menjadi 2 bagian, atas dan bawah.

Pada bagian atas disebut skala vestibuli dan pada bagian bawah disebut skala timpani. Di antara kedua skala tersebut terdapat skala media. Pada bagian atas, skala media dibatasi oleh membran bestibularis dan bagian bawahnya dibatasi oleh membran basilaris.

  • Vestibuli

Yang kedua adala vestibuli. Vestibuli sendiri adalah bagian yang terdiri dari sakula dan utrikila. Keduanya disusun oleh sel rambut yang memiliki struktur khusus, sel rambut ini disebut macula acustika. Pada sel rambut tersebut tersebar partikel serbuk protein kalsium kabonat (CaCO3) yang disebut otolith.

  • Kanalis Semisirkularis

Saluran tengah lingkaran atau kanalis semisirkularis terdiri dari 3 saluran yang tersusun menjadi satu kesatuan dengan posisi yang berbeda. saluran tersebut adalah kanalis semisirkularis horizontal, kanalis semisirkularis vertikal superior (vertikal atas), kanalis semisirkularis vertikal posterior (vertikal belakang).

Baca juga inilah obat sakit telinga tradisional paling ampuh

Nah itulah pengertian, bagian-bagian telinga dan fungsinya paling lengkap.

terms: fungsi vestibuli, bagian bagian telinga, Bagian Telinga Dan Fungsinya