Mau ke Teluk Kiluan Lampung? Perhatikan Tips Berikut Ini

By Categories : Wisata

Saat ini Teluk Kiluan Lampung merupakan salah satu tempat wisata di Lampung terfavorit dikalangan wisatawan dosmetik. Kepopulerannya berasal dari beberapa anak-anak muda yang memposting dan mempromosikan tempat ini melalui media sosial. Pengalaman terbaik saat pergi ke Teluk Kiluan adalah Anda bisa melihat berbagai macam lumba-lumba, yaitu lumba-lumba mulut botol (Tursiops truncatus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris). Beberapa wisatawan yang pernah mengunjungi tempat ini mengatakan bahwa pemadangan alam yang ada di sana lebih indah jika dibandingkan dengan pemandangan alam di pantai Lovina, Bali. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata yang  terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus, Lampung ini, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Teluk Kiluan Lampung

Tips wisata Teluk Kiluan Lampung yang perlu diperhatikan

Transportasi dan akses ke Teluk Kiluan

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini Anda harus menempuh jarak sekitar 80 km dari Kota Bandar Lambung.  jalannya yang berkelok-kelok tajam membuat Anda harus berhati-hati dalam berkendara. Dan pastikan jangan menggunakan mobil atau motor yang memiliki roda kecil karena dapat merusak kendaraan Anda.

Akomodasi

Di sini sekitar wisata ini tidak menyediakan fasilitas hotel berbintang. Yang ada hanyalah cottage sederhana yang terbuat dari kayu. Beberapa penduduk yang ada di sana juga menyewakan kamar di rumah mereka untuk tamu ataupun para pengunjung tempat wisata terkenal tersebut.

Makanan

Seperti yang Anda ketahui tempat wisata ini belum banyak diketahui dan masih sepi wisatawan. Oleh karena itu fasilitas seperti warung-warung ataupun restoran pun masih sulit untuk dijumpai. Sehingga Anda harus membekali diri dengan makanan, mulai dari makanan kecil, berat dan bahkan air mineral. Namun Anda jangan khawatir karena untuk sarapan, makan siang dan makan malam Anda bisa memesan pada pemilik penginapan.

Waktu terbaik mengunjungi Teluk Kiluan

Karena tempat wisata ini berkaitan dengan wisata bahari maka waktu terbaik untuk mengunjungi Teluk Kiluan Lampung adalah pada musim kemarau. Puncaknya yaitu pada bulan Mei hingga Agustus. Saat musim kemarau langit akan cerah dan ombaknya pun tenang, dengan begitu ini akan membuat lumba-lumba muncul ke permukaan.

Tips ketika ingin melihat lumba-lumba

Jika sudah tidak sabar untuk melihatnya Anda bisa menyewa perahu yang biasa digunakan masyarakat setempat, atau yang biasa disebut dengan jukung. Jukung tersebut hanya dapat memuat tiga orang saja. Umumnya biaya sewa jukung tersebut adalah Rp 250.000 hingga Rp 300.000. waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba adalah pada pagi hari. karena lumba-lumba biasanya akan muncul di pagi hari.

Perlengkapan lainnya

Selain bekal dan pakaian ganti, beberapa perlengkapan yang perlu di bawa lainnya adalah jel antiseptik, tisu basah dan obat-obatan pribadi. untuk kamera, sebaiknya Anda membawa kamera bawah air untuk mengabadikan momen terbaik tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai tips wisata Teluk Kiluan Lampung yang perlu diperhatikan.