Manfaat Tanaman Lidah Mertua untuk Lingkungan dan Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Sama seperti lidah buaya, lidah mertua merupakan jenis tanaman hias yang sering di tanam di dalam ataupun di luar ruangan. Bentuknya yang unik membuat setiap orang menyukai jenis tanaman yang satu ini. Tak hanya itu saja cara merawatnya pun sangat mudah. Namun selain digunakan sebagai hiasan, tanaman lidah mertua juga memiliki manfaat yang baik untuk lingkungan ataupun untuk kesehatan. untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat lidah mertua yang perlu diketahui.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Ketahuilah manfaat dari tanaman lidah mertua

Menyerap radiasi

Manfaat yang pertama adalah untuk menyerap radiasi. Salah satu radiasi yang dapat diserap oleh tanaman ini adalah radiasi yang ditimbulkan oleh nbarang elektronik. Untuk mengatasi hal ini sangat pas sekali jika Anda menempatkan tanaman yang memiliki nama latin sansiviera ini di ruang keluarga yang sering digunakan untuk berkumbul.

Menyerap polusi

Selain digunakan untuk menyerap radiasi, lidah mertua juga merupakan salah satu tanaman yang dapat menampung polusi terbanyak jika dibandingkan dengan tanaman lainnya. Jika salah satu anggota keluarga Anda ada yang merokok sebaiknya tanaman ini ditempatkan di ruang yang sering digunakan untuk merokok. Karena lidah mertua dapat menyerap polusi tersebut. Seperti yang Anda ketahui, asap rokok merupakan polutan yang merupakan penyebab kanker.

Sebagai aroma terapi

Manfaat tanaman lidah mertua selanjutnya adalah sebagai aroma terapi. Ketika sore hari, bunga dari tanaman ini akan mekar. Dan pada saat itulah akan mengeluarkan bau khusus yang menenangkan. Maka jangan heran jika banyak orang yang memanfaatkan tanaman ini sebagai aroma terapi yang sangat ampuh untuk mengatasi depresi ataupun stres.

Kaya akan produksi oksigen

Oksigen sangat dibutuhkan manusia untuk bernafas. Sansiviera merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan oksigen tinggi.  Oleh karena itu sangat baik meletakkan tanaman ini di ruang kumpul keluarga khususnya jika ada anggota keluarga yang merokok. Oksigen yang di hasilkan tanaman ini berguna untuk menetralisir asap rokok.

Mengobati wasir

Berikutnya adalah dapat digunakan untuk mengobati wasir. Wasir adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami susah buang air besar. Untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan tanaman ini. karena tanaman sansiviera ini kaya akan serat yang dapat membantu mengatasi hal tersebut.

Menurunkan resiko diabetes

Selain wasir, sansiviera juga sangat ampuh untuk menurunkan resiko diabetes. seperti yang kita ketahui diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus di cegah sejak dini. Selain berolahraga yang mengurangi mengonsumsi makanan manis, diabetes juga dapat dicegah dengan mengonsumsi ramuan herbal, salah satunya yaitu dari tanaman ini. kandungan senyawa baik dalam tanaman ini berguna untuk menstabilkan tekanan gula darah di dalam tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat tanaman lidah mertua untuk lingkungan dan juga kesehatan.