Manfaat Minum Susu Cokelat Setelah Berolahraga

By Categories : Kesehatan

Olahraga merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan setiap manusia. Karena olahraga dapat membuat selalu sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. seperti yang kita ketahui setelah berolahraga tubuh akan terasa capek dan lemas. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa minuman dan  makanan penambah stamina tubuh setelah olahraga seperti, pisang, oatmeal, sayuran dan lainnya.

manfaat minum susu cokelat setelah olahraga

Namun tak hanya itu saja, setelah olahraga pastinya tubuh akan kehilangan banyak cairan, untuk mengatasinya Anda bisa mencukupi cairan tersebut dengan minum air putih. Selain air putih minuman terbaik yang cocok diminum setelah olahraga adalah susu cokelat, khususnya susu cokelat rendah lemak. Lantas apa saja manfaat minum susu cokelat setelah berolahraga? Berikut ulasannya.

Inilah manfaat minum susu cokelat setelah olahraga

Mengembalikan kembali elektrolit

Manfaat yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengembalikan elektrolit. Fendy Susanto, Nutrion & Health Education Manager Nutrifood, menyatakan bahwa mengonsumsi susu cokelat dapat membentu efek rehidrasi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan susu cokelat rendah lemak mengandung elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. dengan minum susu cokelat, cadangan air dalam tubuh bisa bertahan lebih lama.

Dapat membentuk otot

Manfaat yang kedua adalah berguna untuk membentuk otot. Hal ini dikarenakan susu cokelat kaya akan protein dan karbohidrat. Dengan adanya kedua nutrisi tersebut, maka susu cokelat dapat meningkatkan kadar glikogen yang dibutuhkan oleh otot. Oleh karena itu, setelah berolahraga tak ada salahnya untuk minum susu cokelat sebagai minuman pengganti air.

Dapat mencegah kerusakan otot

Manfaat minum susu cokelat selanjutnya adalah dapat mencegah kerusakan otot. Fredy juga mengatakan bahwa minum susu cokelat rendah lemak setelah olahraga juga dapat mencegah kerusakan otot. Sehingga hal ini juga dapat mencegah cedera pada olahraga berikutnya.

Rendah lemak

Mengonsumsi susu cokelat yang rendah lemak juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. susu dengan kandungan lemak yang rendah tentu saja kaya akan kalsium, vitamin dan protein yang tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Sehingga susu ini juga sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang melakukan program diet.

Kaya akan nutrisi

Jika dibandingkan dengan air putih, susu cokelat lebih kaya kalsium, vitamin D, protein dan juga karbohidrat. Vitamin dan nutrisi tersebut tentu saja memiliki fungsi berbeda yang dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Bagi para atlet, hal ini sangatlah penting, karena nutrisi tersebut memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan performa altetik mereka. Kalsium yang terkandung dalam susu berguna untuk mendukung sistem saraf yang terlibat dalam produksi hormon. Sedangkan vitamin D berperan dalam pengaturan mineral-mineral lain dalam tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat minum susu cokelat setelah berolahraga. Namun manfaatnya akan lebih terasa ketika Anda berolahraga dengan menggunakan daya tahan dan kekuatan otot, seperti lari, basket ataupun bersepeda.