Manfaat Mengonsumsi Ikan yang Perlu Diketahui

By Categories : Kesehatan

Ikan menjadi sumber makanan hewani yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang, terkecuali bagi mereka yang vegetarian. Ikan mengandung banyak protein yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain rasanya yang gurih, terdapat berbagai manfaat yang dimiliki dengan mengonsumsi ikan. Pada dasarnya ikan yang biasa dikonsumsi berasal dari laut dan juga air tawar, misal saja seperti ikan bandeng, ikan lele, ikan gurame, ikan salmon, tongkol, dan banyak lagi. Untuk itu terdapat alasan dimana seseorang harus mengonsumsi ikan, simak ulasan berikut ini!

Manfaat Mengonsumsi Ikan yang Perlu Diketahui

Berikut Manfaat Mengonsumsi Ikan bagi Tubuh

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat mengonsumsi ikan adalah membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Di dalam ikan terkandung asam lemak Omega 3 yang berperan penting dalam kesehatan organ jantung, vena, arteri. Dengan menambahkan ikan ke dalam menu makanan dalam waktu seminggu dua kali, maka mampu menurunkan resiko dari serangan jantung sampai 3x lipat. Bagaimana tertarik untuk mengonsumsi ikan?

Membantu untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat mengonsumsi ikan berikutnya adalah membantu meningkatkan fungsi otak. Terdapat anggapan bahwa mengonsumsi ikan dapat meningkatkan kemampuan otak. Hal tersebut memang benar adanya, ini dikarenakan kandungan Omega 3 yang berperan penting untuk perkembangan otak terutama untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Dengan begitu mampu meningkatkan daya pikir sang anak, jika dikonsumsi dengan rutin.

Membantu dalam Mengontrol Berat Badan

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, dan meningkatkan fungsi otak tetapi juga berperan dalam mengontrol berat badan. Berdasarkan penelitian dari University of Georgia, minyak ikan yang mengandung DHA berperan dalam membantu untuk mengurangi penumpukan lemak yang terjadi pada tubuh. Penelitian lain mengungkapkan bahwa dengan berolahraga serta mengonsumsi minyak ikan mampu membakar lemak lebih banyak dibandingkan dengan berolahraga tanpa mengonsumsi ikan atau minyak ikan.

Membantu Kesehatan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata diperlukan berbagai upaya langkah seperti tidak membaca sambil tidur, jangan terlalu lama bermain gadget, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, dan banyak lagi. Dengan mengonsumsi ikan secara rutin bisa melawan degenerasi makula yang merupakan bagian tengah dari retina. Berdasarkan penelitian bahwa seseorang yang mengonsumsi ikan sebanyak 2 porsi dalam waktu seminggu, kemungkinan kecil mengalami makula dibandingkan dengan meraka yang tidak mengonsumsi ikan. Peran Omega 3 lah yang mampu mengurangi resiko dari inflamasi serta membantu fungsi pada pembuluh darah.

Membantu dalam Mengatasi Depresi

Lagi-lagi kandungan asam lemak Omega 3 dalam ikan bermanfaat untuk mengatasi depresi pada seseorang yang mengonsumsi ikan dalam menu hariannya. Omega 3 memang memiliki banyak manfaat yang diambil. Penelitian menunjukkan bahwa bagi orang yang suka mengonsumsi ikan memiliki tingkat depresi lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai manfaat mengonsumsi ikan yang perlu Anda ketahui.

Baca juga Makanan penambah ASI.