Manfaat Ikan Gurame untuk Kesehatan

By Categories : Umum

Manfaat ikan gurame untuk kesehatan tubuh akan menjadi pembahasan kali ini. Ikan gurame merupakan salah satu ikan asli perairan Indonesia yang banyak digemari masyarakat. Ikan yang termasuk jenis air tawar tersebut memiliki rasa gurih ketika diolah menjadi aneka menu masakan. Dengan campuran rempah-rempah dan cara pengolahan seperti di bakar, ikan gurame menjadi favorit kebanyakan orang.

Manfaat Ikan Gurame

Jika diteliti kandungan gizi di dalam ikan gurame cukup tinggi dibandingkan dengan beberapa jenis ikan tawar lain. Berdasarkan beberapa sumber di internet terdapat banyak manfaat yang bisa diambil dari ikan gurame. Nah bagi Anda yang suka mengonsumsi ikan gurame, tetapi belum mengetahui apa saja manfaat untuk tubuh, yuk ketahui dengan mengikuti pembahasannya di bawah ini!

KhasiatĀ Ikan Gurame bagi Kesehatan Tubuh

Membantu Mengganti Sel yang Rusak

Manfaat ikan gurame yang pertama adalah membantu dalam pergantian sel tubuh yang rusak. Selain lezat rasanya ternyata ikan gurame memiliki manfaat penting yakni membantu dalam mengganti sel yang rusak. Ini dikarenakan di dalam ikan gurame terkandung protein yang cukup tinggi dalam membantu proses pergantian sel yang telah rusak.

Membantu dalam Mencegah Kulit Kasar

Kelainan kulit kasar dapat dicegah dengan mengonsumsi ikan gurame. Ikan gurame mengandung protein serta vitamin E. Nutrisi tersebut sangat membantu dalam mencegah kulit kasar. Selain itu vitamin E juga berperan dalam membantu menjaga kesehatan rambut agar tetap kuat.

Meminimalisir Resiko Penyakit Degeneratif

Manfaat ikan gurame berikutnya adalah meminimalisir resiko penyakit degeneratif. Penyakit ini sering dialami seseorang di usia tua. Beberapa penyakit tersebut diantaranya tekanan darah tinggi stroke, dan juga jantung koroner. Penyebab penyakit tersebut adalah kadar kolesterol yang tidak terkontrol. Oleh sebab itu perlu namanya mengontrol kadar kolesterol berkala serta dibantu dengan mengonsumsi makanan sehat seperti ikan gurame. Ikan gurame mengandung protein tinggi, tetapi rendah lemak yakni 55mg setiap 10 gram.

Membantu dalam Mempercepat Penyembuhan Luka

Beberapa ikan tawar termasuk ikan gurame mengandung protein tinggi yang berperan sebagai fibrinogen dan tromboplastin. Keduanya berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah, jika tubuh mengalami luka seperti sehabis jatuh. Untuk fibrinogen berperan dalam membentuk jaringan yang rusak akibat dari jatuh, sementara untuk tromboplastin berfungsi untuk proses pembekuan darah agar luka tersebut berhenti.

Sebagai Sumber Energi

Manfaat ikan gurame untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai sumber energi. Untuk melakukan aktivitas tubuh memerlukan asupan energi. Asupan energi bisa didapatkan dengan mengonsumsi sumber makanan seperti buah, sayuran, serta sumber makanan hewani. Salah satu sumber makanan hewani yang dapat memberikan asupan energi untuk tubuh adalah ikan gurame. Selain mengandung protein tinggi, ikan gurame juga mengandung lemak serta karbohidrat cukup tinggi yang menjadi sumber energi untuk tubuh.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat ikan gurami dari sekian banyak manfaat yang bisa diambil dari ikan yang hidup di perairan tawar tersebut. Baca juga artikel mengenai Manfaat mengonsumsi ikan yang perlu diketahui.

terms: ikan gurami bagus untuk kesehatan