Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Binahong merupakan salah satu tanaman merambat yang dapat tumbuh di dataran tinggi ataupun rendah. Tumbuhan yang memiliki nama latin Bassela rubra linn ini merupakan famili dari Basellaceae. Kandungan zat yang ada pada daun binahong seperti, asam arkobat, antioksidan, protein dan total fenol sangat bermanfaat membantu seseorang untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit kronis yang berbahaya. Berikut ini adalah manfaat daun binahong bagi kesehatan yang dapat Anda coba lengkap dengan cara meramunya!

Manfaat Daun Binahong

Manfaat Daun Binahong dan Cara Meramunya

Mencegah Kanker

Manfaat dari daun binahong yang pertama adalah untuk mencegah kanker. Seperti yang Anda ketahui kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang. Karena selain mematikan, kanker juga sangat sulit untuk disembuhkan. Untuk pengobatan dan pencegahan segala jenis kanker Anda dapat memanfaatkan daun binahong. Caranya mudah, yaitu rebuslah beberapa lembar daun binahong dengan air hingga mendidih. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin dan teratur agar pertumbuhan sel kanker yang menyerang Anda dapat terhambat dan kemudian mati. Baca juga Gejala kanker pada anak.

Mencegah Stroke

Manfaat daun binahong yang kedua adalah untuk mencegah stroke. Stroke merupakan suatu kondisi di mana anggota tubuh tidak dapat digerakkan sebagaimana mestinya. Hal ini tentunya akan membuat penderita stroke tidak dapat melakukan kegiatan seperti biasa. Biasanya seseorang yang mengalami penyakit ini akan sulit untuk sembuh dan membutuhkan waktu yang lama untuk normal kembali. Sebelum terlambat, mulailah untuk menggunakan daun binahong untuk pencegahan. Cukup minum segelas ramuan binahong setiap hari secara teratur.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Pada umumnya kolesterol dibedakan menjadi dua macam yaitu kolesterol HDL dan juga kolesterol LDL. HDL sendiri merupakan kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. Sedangkan kolesterol LDL merupakan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan beberapa macam penyakit seperti, obesitas, serangan jantung, penyumbatan pembuluh darah hingga stroke. Jika tidak segera ditangani, tentunya hal ini dapat mengganggu kesehatan Anda. Selain berolahraga, menurunkan kadar kolesterol juga dapat Anda lakukan dengan cara mengonsumsi air rebusan daun binahong setiap hari secara teatur.

Mengatasi Hipotensi

Hipotensi atau sering disebut tekanan darah rendah biasanya ditandai dengan gejala pusing, letih, muka pucat dan juga mudah lelah. Jika Anda merupakan salah satu orang yang aktif, tentunya hal tersebut dapat mengganggu aktivitas Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan daun binahong. Kandungan zat pada daun tersebut dipercaya dapat menstabilkan tekanan darah.

Nah itulah beberapa manfaat daun binahong bagi kesehatan. Mulailah untuk mengonsumsi segelas air rebusan daun binahong setiap harinya. Karena selain dapat mengatasi dan mencegah beberapa penyakit di atas, daun binahong juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menghentikan pendarahan, mengobati sariawan dan juga mengobati jerawat.