Makanan yang Mengandung Zinc

By Categories : Makanan

Zinc merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh yang memiliki banyak manfaat. Zinc dapat mudah ditemukan pada beberapa sumber makanan untuk mendukung gaya hidup lebih sehat. Menurut berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli mineral zinc berperan untuk mencegah terjadinya ketombe, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah dan mengatasi diabetes dan juga baik untuk kesehatan kulit.

makanan yang mengandung zinc

Untuk sekedar memberikan informasi mengenai beberapa makanan mengandung zinc yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Apa saja makanan tersebut? Langsung saja simak pada ulasannya di bawah ini.

Berikut Makanan yang Mengandung Zinc

Tiram

Tiram merupakan sumber makanan hewani yang berdasarkan dari laut yang mengadung mineral zinc cukup tinggi. Zinc di dalam tiram sangat penting dalam mencukupi kebutuhan mineral harian Anda. Oleh sebab itu mengonsumsi tiram secukupnya sangat dianjurkan setiap harinya. Untuk mempertahankan kandungan zinc, sebaiknya jangan terlalu lama memasaknya dan berikan air secukupnya.

Kuning Telur

Makanan yang mengandung zinc berikutnya adalah kuning telur. Kuning telur kaya akan protein, selain itu juga mengandung mineral zinc yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun begitu dokter menyatakan bahwa kuning telur mengandung kolesterol tinggi. Di dalam kuning telur sebanyak 100 gram terdapat kandungan zinc sebanyak 2,4 mg.

Daging Merah

Tidak kalah dengan kedua sumber makanan di atas, di dalam daging merah juga terdapat kandungan mineral zinc. Untuk daging yang mengandung zinc tinggi diantaranya seperti daging sapi dan juga daging kambing. Di dalam 3 ons daging terdapat kurang lebih 40 persen dari dosis harian zinc yang direkomendasikan untuk tubuh.

Makanan Laut

Selain tiram, makanan laut juga mengandung mineral zinc. Makanan-makanan laut tersebut di antaranya seperti ikan, lobster, daging kepiting, dan juga kerang. Sumber makanan laut tersebut dapat diolah dengan cara dipanggang yang baik untuk kadar testosteron.

Jamur

Jamur merupakan sumber makanan nabati yang digemari kebanyakan orang. Meskipun begitu terdapat beberapa jenis jamur yang aman untuk dikonsumsi diantaranya seperti jamur tiram, jamur kancing, jamur merang, jamur shitake, dan juga jamur kuping. Seperti pada penjalasan di atas bahwa zinc berguna untuk mencegah terjadinya ketombe.

Kacang-Kacangan

Hampir semua jenis kacang mengandung zinc seperti kacang kuning, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, dan juga kacang hitam. Jenis kacang-kacangan tersebut mengandung kolesterol baik serta mampu membantu meningkatkan kandungan zinc.

Bawang Putih

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, bawang putih juga mengandung kandungan zinc yang cukup tinggi. Bawang putih tergolong sebagai rempah-rempah yang sering ditambahkan ke dalam makanan. Selain kandungan zinc yang cukup tinggi, bawang putih juga mengandung sifat anti-jamur.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa makanan yang mengandung zinc. Baca juga artikel mengenai Makanan terbaik untuk kecerdasan otak.

Manfaat Zinc untuk Kesehatan

Zinc merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi membran sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh logam berat dalam tubuh, misalnya besi dan tembaga. Zinc merupakan bagian penting dari antioksidan yang biasa disebut dengan superoksida dismutase, yang diperlukan oleh beberapa organ seperti hati untuk mengikat racun yang dibuang dari tubuh. Berikut ini beberapa manfaat zinc untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

  • Kesehatan mata. Zinc dibutuhkan hati untuk mensintesis vitamin A, sehingga sangat bagus untuk kesehatan mata. Hal ini juga merupakan mekanisme untuk mengangkut vitmain A dalam darah menuju ke mata.
  • Kesehatan kulit. Zinc merupakan antioksidan yang mampu memberikan perlindungan kulit dari UV. Zinc berperan penting untuk memproduksi kolagen yang dapat menyembuhkan luka serta mencegah kondisi kulit kering dan alergi. Sehingga zinc bermanfaat untuk mengobati jerawat karena memiliki peranan penting untuk mengatur kelenjar minyak dan anti inflamasi di kulit.
  • Kesehatan otak dan suasana hati. Zinc mampu mengurangi kerusakan yang disebabkan akibat oksidatif. Kerusakan tersebut terkait dengan perkembangan dari beberapa penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson. Selain itu, zinc juga memiliki efek yang dapat menenangkan otak sehingga jika kekurangan akan dapat menyebabkan agitasi serta penurunan mood. Rendahnya tingkat zinc dapat ditemukan jika seseorang mengalami depresi berat, dan terdapat dugaan hubungan antara seng dan penyerapan serotonin pada otak.
  • Kekebalan tubuh. Zinc merupakan salah satu nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit. Selain itu, zinc juga mendukung dalam memproduksi sel darah putih serta mengaktifkan sel B dan T yang dibutuhkan dalam sistem kekebalan tubuh untuk mencegah virus dan bakteri.

Namun perlu Anda ketahui jika terlalu banyak mengonsumsi zinc juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, seperti dapat menimbulkan mual, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, dan sakit kepala. Jika Anda menggunakan suplemen zinc, pastikan sudah berkonsultasi ke dokter atau sudah mendapatkan uji diri di apotek.

terms: daftar makanan yang mengandung zinc, makanan dan minuman yang mengandung zinc, nabati yang mengandung zinc