Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

By Categories : Makanan

Seperti yang kita ketahui bahwa susu merupakan sumber kalsium tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tidak hanya anak-anak saja yang mengonsumsi susu, tetapi orang dewasa juga perlu mengonsumsi susu guna memenuhi kalsium pada tubuh. Kalsium sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh tepatnya pada kesehatan tulang, serta kesehatan gigi. Namun tahukah Anda terdapat banyak makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu. Nah bagi Anda yang kurang menyukai dengan susu sapi, berikut ini adalah daftar beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Keju

Keju merupakan salah satu makanan yang berbahan susu. Di dalam kandungan keju ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, fosfor, mineral, vitamin, kalsium, lemak, serta kolesterol. Namun perlu diingat bahwa susu dpaat menimbulkan gangguan pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini juga berlaku pada keju, mengingat keju adalah makanan yang berbahan dasar keju.

Yogurt

Makanan yang mengandung kalsium yang selanjutnya adalah yogurt. Yogurt merupakan susu yang dibuat dengan cara melalui fermentasi bakteri. Namun bakteri yang digunakan adalah bakteri yang bermanfaat untuk makanan. Yogurt pada umumnya dibuat dari susu sapi yang mengandung kalsium tinggi. Dengan berbahan dasar dari susu membuat kandungan di dalamnya sebagian besar hampir sama dengan susu.

Sayuran Hijau

Mungkin Anda akan berpikir bahwa sayuran hijau mengandung persentase kalsium yang cukup kecil. Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa sayuran hijau yang justru memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sayuran hijau yang mengandung kalsium cukup tinggi diantaranya seperti brokoli, serta sayuran bayam.

Pisang

Makanan yang mengandung kalsium tinggi berikutnya adalah buah pisang. Buah pisang mudah untuk ditemukan di setiap daerah. Buah yang memiliki warna khas kuning ini ternyata memiiki kalsium yang cukup diandalkan dalam memenuhi kebutuhan tubuh. Selain kalsium kandungan lainnya adalah seperti magnesium, kalium, fosfor, zat besi, dan lain sebagainya. Baca Juga Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Ikan Salmon

Ikan salmon biasa diolah menjadi berbagai macam kuliner yang memiliki cita rasa yang lezat. Ikan yang mengandung omega 3 ini kaya akan lemak, serta protein. Tetapi tidak hanya itu saja kandungan yang terdapat pada ikan salmon. Ikan salmon mengandung kalsium yang tinggi yaitu sekitar 181 mg kalsium pada ikan salmon yang sudah dalam bentuk kalengan.

Susu Kedelai

Manfaat susu kedelai yang mungkin banyak diketahui orang banyak adalah untuk kesehatan kulit. Seperti halnya dengan makanan-makanan di atas, susu kedelai memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi yaitu sekitar 300 mg kalsium. Anda dapat mengonsumsi susu kedelai yang sudah diolah menjadi susus kedelai, atau juga tempe, serta makanan lainnya yang berbahan dasar dari kedelai.

Demikianlah pembahasan mengenai makanan yang mengandung kalsium tinggi, baca juga artikel lainnya Cara Menghilangkan Bau Badan

Loading...