Makanan yang Harus Dihindari Selama Berpuasa

By Categories : Kesehatan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang selalu dinanti kedatangannya bagi umat muslim yang ada diseluruh dunia. Saat bulan suci ini tiba, seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Saat berpuasa, tubuh harus memiliki kondisi yang sehat. Tepat dalam memiliih makanan adalah tips utama dalam menjaga kesehatan saat berpuasa. Maka dari itu pastikan saat berpuasa Anda memilih makanan yang tepat untuk sahur dan berbuka puasa. Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari. Apa saja makanan tersebut? Berikut adalah makanan yang harus dihindari selama berpuasa!

Makanan yang Harus Dihindari Selama Berpuasa

Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Buka Puasa

Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

Saat berbuka puasa, mengonsumsi makanan yang manis sebelum menyantap menu utama adalah hal yang dianjurkan. Namun dalam mengonsumsi makanan manis sebaiknya jangan berlebihan. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi dapat membuat berat badan tubuh semakin naik serta dapat memicu penyakit diabetes.

Makanan yang Mengandung Lemak Tinggi

Makanan yang harus dihindari selama berpuasa selanjutnya adalah makanan yang mengandung lemak tinggi. Sama seperti dengan fungsi glukosa atau gula dalam tubuh, lemak juga berfungsi sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Meskipun memiliki rasa yang sangat lezat, makanan yang mengandung lemak tinggi seperti jeroan, daging berlemak, keju, kulit ayam serta gorengan sangat tidak baik untuk kesehatan Anda. Selain dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada lambung, makanan berlemak juga merupakan salah satu pemicu serangan jantung karena meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan yang Terlalu Pedas

Mengonsumsi makanan pedas memang dapat menggugah selera makan seseorang. Namun sebaiknya Anda menghindari makanan yang satu ini. Bagi Anda penyuka pedas pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Karena mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat memicu efek buruk pada dinding lambung Anda. Hal ini dikarenakan makanan pedas dapat mengganggu pencernaan serta dapat merusak dinding lambung.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda memanglah sangat menyegarkan jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Akan tetapi seperti yang Anda ketahui minuman bersoda memiliki efek buruk pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain dapat menyebabkan diabetes, minuman bersoda juga dapat menyebabkan gangguan perut serta mengganggu sistem pencernaan tubuh. Saat Anda mengonsumsi minuman bersoda ini tidak akan dapat meredakan rasa haus Anda, tetapi sebaliknya yaitu dapat membuat Anda lebih mudah merasakan haus.

Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi juga tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan selama menjalankan ibadah puasa. Hal ini karena kopi dapat meningkatkan asam lambung. Sebaiknya Anda membatasi mengonsumsi minuman yang satu ini karena saat berpuasa lambung kita tidak terisi lebih dari 14 jam. Sehingga mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat membuat Anda mejadi mual.

Demikianlah ulasan tentang makanan yang harus dihindari selama berpuasa.

Baca juga artikel mengenai Mengatasi bibir kering saat puasa