Makanan dan Minuman untuk Menaikkan Trombosit

By Categories : Kesehatan

Seperti yang Anda ketahui trombosit adalah bagian terkecil dan teringan dari darah. Jumlah dari trombosit itu sendiri adalah sekitar 20% dari total volume sel darah yang ada di dalam tubuh. Trombosit diproduksi oleh sum-sum tulang belakang, fungsi utama dari trombosit adalah untuk pembekuan darah, sehingga seseorang yang memiliki kadar trombosit dalam darah rendah atau yang biasa disebut dengan trombositopenia dapat mengalami pendarahan ringan ataupun berat.

Makanan dan Minuman untuk Menaikkan Trombosit

Untuk mengatasi hal ini, hal utama yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan diagnosa dari dokter. Apakah penyebab dari menurunnya trombosit tersebut. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan turunnya kadar trombosit, antara lain demam berdarah, tipes, kanker atau masalah pada sumsum tulang bekalang. Selama mengatasi penyebab trombosit turun, sangat penting pula untuk meningkatkan produksi trombosit dalam darah. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai macam komplikasi yang mungkin akan muncul. Nah berikut adalah makanan dan minuman untuk menaikkan trombosit yang dapat Anda coba.

Cara menaikkan trombosit secara alami

Mengonsumsi makanan asam lemak omega 3

Makanan dan minuman untuk menaikkan trombosit yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi makananĀ  yang kaya akan asam lemak omega 3. Sumber makanan yang mengandung asam lemak omega 3 antara lain minyak biji rami, telur, ikan tuna, ikan salmon dan juga jenis ikan lainnya. Kandungan asam lemak omeg 3 pada makanan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda yang pada akhirnya dapat membantu untuk menaikkan jumlah trombosit.

Makanan kaya akan asam folat

Yang kedua adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat. Menurut Mecine Plus, seseorang yang kekurangan folat dapat menyebabkan turunnya jumlah trombosit dalam tubuh. Oleh karena itu, selain mengonsumsi makanan kaya akan asam lemak omega 3, Anda juga harus memenuhi kebutuhan folat dalam setiap harinya. Folat atau vitamin B9 dapat Anda temui pada buncis, asparagus, jus jeruk, sereal, bayam serta sereal.

Protein tanpa lemak

Makanan dan minuman untuk menaikkan trombosit selanjutnya adalah protein tanpa lemak. Thunder Bay Regional Health Center merekomendasikan bahwa diet tinggi protein berguna untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Sumber protein tanpa lemak yang dapat Anda konsumsi adalah daging sapi, kepiting, tiram dan juga kalkun. Makanan tersebut kaya akan zinc dan juga vitamin B12 yang berguna untuk meningkatkan jumlah produksi trombosit.

Minum air hangat

Meskipun air memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, akan tetapi mengonsumsi air dingin sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan air dingin dapat memperlambat saluran pencernaan yang memiliki dampak buruk terhadap cara tubuh menyerap nutrisi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi air dingin, mulailah untuk menggantinya dengan air hangat agar tubuh lebih mudah menghasilkan sel darah merah.

Nah itulah beberapa makanan dan minuman untuk menaikkan trombosit.

terms: apakah daging kambing menambahkan trombosit, cara menaikan trombosit dengan daging kambing, sate kambing untuk menaikkan trombosit