Macam-macam Penyakit Pada Hati dan Penyebabnya

By Categories : Kesehatan

Hati atau liver merupakan salah satu organ tubuh manusia yang harus diperhatikan dan dijaga kesehatannya. Ini karena hati memiliki tanggung jawab dan fungsi untuk menjaga tubuh tetap sehat. Seperti yang kita ketahui, beberapa fungsi hati antara lan untuk menyimpan vitamin tertentu, mengeluarkan racun di dalam tubuh, mengatur metabolisme tubuh, hormon dan juga kolesterol.

Penyakit Pada Hati

Mengingat betapa banyaknya fungsi hati untuk menjaga kesehatan tubuh, maka sangatlah wajar jika hati menjadi salah satu organ yang sangat rentan terhadap suatu penyakit. Selain disebabkan karena keturunan, penyakit pada hati juga dapat disebabkan karena infeksi, karena racun, gangguan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat dikarenakan oleh kanker. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyakit yang sering menyerang hati yang perlu diwaspadai.

Beberapa penyakit pada hati

Hepatitis

Yang pertama adalah hepatitis. Hepatitis merupakan penyakit yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada hati. Pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh virus. Seperti yang diketahui, ada beberapa jenis penyakit hepatitis yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan juga hepatitis E. Jika dibandingkan dengan hepatitis lainnya, hepatitis B merupakan salah satu jenis hepatitis yang paling berbahaya. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan sirosis hati, kanker hati hingga kematian. Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan vaksinasi secara teratur.

Sirosis hati

Sirosis hati merupakan penyakit lanjutan dari hepatitis B dan juga C yang sudah kronis. Tak hanya itu saja, terlalu sering mengonsumsi alkohol serta karena penyakit tertentu juga dapat menyebabkan tersumbatnya saluran empedu yang pada akhirnya menyebabkan sirosis hati. Sirosis hati sendiri dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi, seperti muntah darah, mata kuning, perut membesar dan juga koma hepatikum.

Jaundice atau penyakit kuning

Penyakit pada hati selanjutnya adalah jaundice atau penyakit kuning. Penyakit ini disebabkan karena hati gagal memproduksi dan ataupun mengeluarkan cairan empedu. Sehingga hal ini menyebabkan kegagalan penyerapan vitamin A, D, E, K dan juga lemak pada saluran pencernaan. Selain itu, penyakit ini juga dapat mengakibatkan menumpuknya bilirubin, kolesterol dan asam empedu di dalam hati.

Kanker hati

Kanker hati yang sering terjadi disebabkan karena komplikasi dari penyakit hepatitis yang telah berkembang menjadi sirosis hati kronis atau yang biasa disebut dengan Hepaticular carcinoma (HCC). Salah satu cara untuk mengobati kanker hati adalah dengan melakukan kemoterapi. Akan tetapi cara yang satu ini pun tidak banyak menolong penderita kanker hati.

Hemochromatosis

Hemochromatosis adalah penyakit yang bersifat genetik atau karena keturunan. Penyakit ini  sendiri menyebabkan terganggunya  metabolisme zat besi. Sehingga tubuh akan memiliki cadangan zat besi terutama di dalam hati. Penyakti ini juga dapat disebabkan oleh penyakit thalasemia, alkohol kronis dan sideroblastic.

Demikianlah ulasan mengenai macam-macam penyakit pada hati. Baca juga artikel terkait lainnya inilah 5 makanan untuk menjaga kesehatan hati.

terms: penyakit hati dan penyebabnya, penyakit pada hati dan penyebabnya, macam macam penyakit hati dan penyebabnya, 3 penyakit hati dan penyebabnya, pengertian penyakit pada hati dan penyebabnya