Macam-macam Bunga Anggrek yang Dilindungi

By Categories : Umum

Siapa yang tidak mengetahui bunga anggrek? Setiap orang pasti sudah mengetahui jenis bunga yang satu ini. Seperti yang kita ketahui bunga anggrek memiliki banyak jenis di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia sendiri bunga ini ada banyak sekali jenisnya dan beberapa jenis bunga anggrek masuk ke dalam daftar yang dilindungi. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah macam-macam bunga anggrek yang dilindungi di Indonesia.

Macam-macam Bunga Anggrek

Daftar bunga anggrek di Indonesia yang dilindungi

Anggrek Kebutan

Bunga yang memiliki nama ilmia Ascocentrum miniatum ini seringkali disebut dengan anggrek kebutan. Sebagai salah satu jenis bunga yang dilindungi oleh negara, oleh karena itu setiap irang diharuskan untuk menjaga kelestariannya agar tidak punah. Bunga berwarna orange ini juga sangat indah karena bunga ini tumbuh berkerumun dalam satu tangkai.

Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Yang kedua adalah anggrek bulan Kalimantan Barat. Bunga anggrek yang satu ini memiliki warna dan bentuk dan perpaduan warna yang sangat mempesona. Bunga yang memiliki nama ilmiah Paraphalaenopsis serpentilingua ini memiliki warna putih dengan corak kuning dan merah.

Anggrek Bulan Bintang

Macam-macam bunga anggrek yang dilindungi selanjutnya adalah anggrek bulan bintang. Dinamai bulan bintang karena bentuk dari jenis tanaman hias ini mirip seperti bintang. Bunga yang memiliki lima kelopak dan berbentuk bulan di tengahnya ini memiliki nama olmiah Paraphalaenopsis denevei.

Anggrek hitam

Berikutnya adalah anggrek hitam. Umumnya anggrek ini berwarna hijau di bagian bunganya. Akan tetapi di bagian tengahnya terdapat warna hitam. Hal inilah yang membuat Coelogyne pandurata ini dinamakan anggrek hitam.

Anggrek Kasut Kumis

Nama ilmiah dari bunga anggrek yang satu ini adalah Paphiopedilum chamberlainianum. Dinamakan sebagai anggrek kasut kumis karena bunga anggrek yang satu ini memilikibentuk seperti kantung semar dan berbulu. Meskipun begitu, anggrek kasut kumis memiliki warna bunga yang sangat indah.

Anggrek Jambrud

Macam-macam bunga anggrek berikutnya adalah anggrek jambrud. Dendrobium macrophyllum adalah nama ilmiah dari bunga anggrek ini. Bunganya memiliki bulu seperti buah rambutan terutama di bagian luarnya sedangkan di bagian dalamnya terdapat kelopak dengan warna yang sangat cantik.

Anggrek Stuberi

Jika dibandingkan dengan bunga anggrek lainnya, anggrek stuberi memiliki bentuk kelopak yang unik, yaitu berbentuk spiral. Tak hanya itu saja bunga yang memiliki nama ilmiah Dendrobium lasianthera juga memiliki warna yang sangat cantik yaitu perpaduan antara ungu, putih dan kuning.

Anggrek Hartinah

Berikutnya adalah Anggrek Hartinah. Nama latin dari anggrek hartinah adalah Cymbidium hartinahianum. Jika dilihat sekilas, bunganya hampir sama seperti dengan lainnya. Namun yang membedakan adalah ukuran dan warna bunga. Anggrek hartinah memiliki warnaungu dengan gradasi krem yang membuat bunganya semakin cantik.

Demikianlah ulasan mengenai macam-macam bunga anggrek di Indonesia yang dilindungi.