Kurangi Resiko Penyakit dengan Jurus 1000 Langkah

By Categories : Berita

Kurangi Resiko Penyakit dengan Jurus 1000 Langkah – Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Namun saat ini orang mulai jarang berolah raga karena padatnya aktivitas atau karena rasa malas. Setidaknya anda harus tetap berusaha berolah raga, dan mulailah dengan yang ringan contohnya dengan perbanyak melangkah (berjalan kaki).

Sebuah kegiatan sederhana yang mampu mengurangi resiko terken penyakit berat, mulailah dari sekarang dengan melakukan perbanyak melangkah untuk mengjaga kesehatan tubuh. Sebuah studi mengemukakan bahwa dengan menambah langkah pada aktivitas harian mamu secara signifikan mengurangi resiko penyakit.

Kurangi Resiko Penyakit

Dikutip dari healthday, peneliti mengamati 9.300 orang dewasa denegan pradiabetes di 40 negara. Pradiabetes adalah kondisi yang meningkatkan resiko penyakit kardiovaskuler, termasuk diantaranya jantung dan stroke.

Mengurangi Resiko Penyakit

Peserta yang terlibat dalam studi diwajibkan meningkatkan aktivitas fisik mereka, mengurangi berat badan, dan mengurangi konsumsi makanan berlemak dalam diet mereka. Langkah kaki mereka dicatat pada awal mengikuti program ini dan satu tahun kemudian.

Sebuah Studi yang dipublikasikan pada Jurnal The Lancet, kapasitas berjalan para peserta dari awal studi mengalami peningkatan hingga pada penghujung studi dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Berjalan 2000 langkah lebih banyak setiap hari dapat menurunkan 10 % resiko para peserta.

Bahkan penambahan 2.000 langkah dapat mengurangi resiko sekitar 8% lagi. Contohnya, di awal studi si A berjalan 4.000 langkah dan tidak melakukan penambahan langkah sampai penghujung studi. Sementara si B di awal studi berjalan 6.000 langkah dan secara konsisten menambah kapasitas berjalan hingga 8.000 pada akhir studi. Maka si B memiliki resiko penyakit 18 persen lebih rendah dari si A.

Ketua studi bernama Thomas Yates, seorang peneliti dari University of Leicester mengatakan bahwa temuannya membuktikan tentang perubahan kadar aktivitas fisik amat substansial dalam mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

“Yang paling penting, manfaat ini tidak tergantung pada berat badan peserta saat ikut serta dalam program penambahan aktivitas fisik ini,” kata Yates.

Pradiabetes adalah kondisi yang bisa disebut sebagai awal menuju diabetes. Prevalensinya mencapai 8% orang dewasa (+ 344 juta) di seluruh dunia. Pada tahun 2030 diprediksikan jumlahnya akan bertambah menjadi 8,4 % (+ 472 juta).

Demikian artikel tentang Kurangi Resiko Penyakit dengan Jurus 1000 Langkah, semoga apa yang telah kami paparkan dapat menambah pengetahuan kita tentang dunia kesehatan.