Kontroversi Lagu Ciptaan SBY

By Categories : Umum

H. Susislo Bambang Yudhoyono atau yang biasa dikenal oleh masyarakat luas dengan nama SBY merupakan sosok presiden Republik Indonesia yang Ke-6. Pemimpin yang satu ini memiliki kewibawaan saat memimpin negara ini. Terlebih SBY memang sebelumnya berangkat dari TNI. Selain kewibawaan yang dimilikinya tersebut, presiden SBY juga dikenal sebagai sosok pemimpin yang bijaksana, terlihat dari sikap hati-hati yang selalu ditunjukkan olehnya saat hendak mengambil sebuah keputusan. Di samping itu, ia juga senang menyapa masyarakat melalui hobinya menciptakan lagu. Namun, hal ini mendapat banyak tanggapan yang berbeda-beda dari para pendengar lagu ciptaan SBY. Seperti apakah kontroversi dari lagu yang diciptakan oleh pak presiden tersebut? Tentunya untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut di atas maka sangat penting bagi anda untuk memperhatikan ulasan yang saya sajikan berikut ini dengan seksama.

lagu ciptaan SBY

Sebelumnya, kabar tentang lagu ciptaan SBY ini tak lagi diperbincangkan oleh masyarakat luas, lantaran mungkin masyarakat telah mengalihkan fokus perhatian mereka pada permasalahan yang lainnya. Namun, ketika peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 69 pada 17 Agustus 2014 yang lalu, saat kembali diperdengarkan sebuah lagu yang diciptakan oleh SBY, membuat berbagai macam tanggapan tentang lagu-lagu tersebut kembali bermunculan. Beberapa pendapat umum tentangnya telah saya rangkum sebagai berikut.

Pendapat sekelompok masyarakat yang pertama menganggap sikap SBY yang menciptakan sebuah lagu tersebut biasa-biasa saja. Mereka menyadari bahwasanya SBY adalah manusia biasa yang memiliki kegemaran sehingga menyalurkan hobinya itu dengan menciptakan lagu. Mereka bahkan tak jarang memuji nada-nada yang ada pada lagu yang diciptakan oleh pak presiden tersebut, bahkan pada peringatan hari kemerdekaan tahun ini banyak yang menghargai lagu yang diciptakan oleh SBY dan menyandingkannya dengan lagu-lagu nasional yang diciptakan oleh para musisi era sebelumnya. Seperti yang kita tahu, dalam siaran langsung berbagai stasiun TV yang menayangkan upacara hari kemerdekaan, tampak seorang siswi Sekolah Dasar dari Bandar Lampung yang menyanyikan lagu ciptaan SBY dalam satu rangkaian dengan lagu nasional.

Meski banyak yang memaklumi dan memuji kepiawaian presiden SBY dalam menciptakan lagu, ternyata hal tersebut juga diimbangi dengan sekelompok orang yang menganggap perbuatan SBY yang menciptakan lagu tersebut kurang tepat. Alasan mendasar yang mereka layangkan terkait hal ini adalah sebuah anggapan mereka bahwa di tengah kesemrawutan yang terjadi di Indonesia, bagaimana bisa seorang presiden meluangkan waktu untuk menciptakan lagu. Sedangkan, di sisi lain masih sangat banyak pekerjaan negara yang harus diselesaikan.

Menanggapi dua pendapat tersebut, tentunya kita tidak boleh melihatnya hanya dari satu sisi saja. Tetapi terlebih dahulu mencerna bagaimana sebenarnya posisi dari lagu ciptaan SBY ini baik dari tepat atau tidaknya, dan baik atau buruknya. Namun terlepas dari itu semua, sebagai seorang warga negara yang baik maka kita perlu menyikapi upaya SBY dengan sikap positif. Terlebih saat kita menyimak lagu yang diciptakan SBY tersebut bermuatan pesan positif. Sekian, semoga bermanfaat.