Khasiat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Minyak ikan merupakan minyak yang berasal dari lemak ikan. Pada awalnya minyak ikan terbuat dari lemak ikan paus. Namun seiring dengan berjalannya waktu ada beberapa jenis ikan yang dapat diolah menjadi minyak ikan seperti ikan tuna, makarel, herring, salmon dan juga ikan sarden. Minyak ikan memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Hal ini dikarenakan minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega 3, EPA dan juga DHA. Pastinya Anda penasaran kan apa saja manfaat minyak ikan? Berikut adalah khasiat minyak ikan untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

khasiat minyak ikan yang pertama adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan asam lemak omega 3 pada minyak ikan akan mempengaruhi eicosanoids dan sitokin dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi minyak ikan, tentunya sistem imum tubuh akan meningkatkan dan tubuh jarang terkena suatu penyakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang Anda ketahui minyak ikan merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3. Mengonsumsi nutrisi tersebut secara rutin dipercaya dapat mencegah penyakit jantung koroner maupun penyumbatan pembuluh darah. ini dikarenakan asam lemak omega 3 dapat mengurangi tingkat trigliserida atau yang biasa disebut dengan lemak jahat. Sehingga jika kolesterol jahat bisa diatasi, hal ini akan menurunkan resiko Anda terserang penyakit jantung dan stroke.

Mengatasi Depresi

Seseorang yang menderita depresi biasanya disebabkan karena otak dan pikiran mereka tidak mampu menerima apa yang sedang terjadi kepada mereka. Sehingga hal ini akan menyebabkan EPA (Asam Eicosapentaenoic) menurun. Jika tidak segera diatasi, EPA yang menurun dapat menyebabkan depresi semakin parah. Oleh karena itu, Anda dapat mengatasinya dengan cara meningkatkn kadar EPA di dalam tubuh. salah satu sumber terbaik EPA adalah dari minyak ikan itu sendiri.

Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

khasiat minyak ikan selanjutnya adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan calon bayi. Setiap ibu hamil pastinya ingin memiliki kesehatan yang selalu terjaga untuk dirinya sendiri ataupun untuk calon bayi. Anda jangan khawatir, Anda dapat memanfaatkan minyak ikan untuk menjaga kesehatan. kandungan DHA pada minyak ikan sangat baik untuk membantu perkembangan mata dan otak bayi, mencegah bayi lahir prematur dan juga mencegah keguguran pada ibu hamil.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Minyak ikan bermanfaat untuk menurunkan kadari kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu, minyak ikan juga sangat berguna untuk melancarkan sirkulasi darah yang menuju ke seluruh tubuh. tak hanya itu saja manfaatnya, minyak ikan juga berguna untuk menjaga kesuburan pria dan wanita, menjaga kesehatan mata dan juga dapat mencegah penyakit kanker.

Demikianlah ulasan tentang khasiat minyak ikan untuk kesehatan tubuh.