Ketahuilah Penyebab Bayi Lahir Prematur Berikut Ini

By Categories : Kesehatan

Setelah menikah para pasangan suami dan istri tentu saja mendambakan seorang momongan. Selain itu, memiliki anak yang cerdas dengan keadaan normal juga merupakan harapan bagi pasangan suami istri. Namun bagaimana jika kehamilan anak prematur? Tentu saja lahir dengan keadaan prematur bukan harapan bagi para orang tua.

Ketahuilah Penyebab Bayi Lahir Prematur Berikut Ini

Normalnya bayi akan dilahirkan pada usia 37 sampai dengan 40 minggu, Namun bayi yang dilahirkan kurang dari 37 minggu biasa disebut dengan bayi prematur. Jika dibandingkan dengan bayi normal lainnya, perkembangan bayi prematur sangatlah berbeda mulai dari berat badan, perkembangan otak dan seluruh organ tubuh si kecil dan bahkan bayi prematur juga dapat beresiko mengalami kematian. Untuk mencegah hal ini tentu saja sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebab bayi lahir prematur. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Inilah penyebab bayi lahir prematur yang perlu diwaspadai

Riwayat kehamilan

Yang pertama adalah karena riwayat kehamilan. Seorang ibu hamil yang pernah melahirkan bayi prematur memiliki  resiko yang besar untuk melahirkan bayi prematue juga. Namun tak hanya riwayat itu saja, seorang wanita yang pernah keguguran ataupun aborsi juga memiliki resiko mengalami hal ini.

Kondisi ibu tidak sehat

Penyebab yang kedua adalah karena kondisi ibu yang tidak sehat. Tahukah Anda kondisi kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap perkembangan bayinya. Misalnya saja seorang ibu hamil yang mengalami hipertensi dalam kehamilan. Hal tersebut tentu saja sangat beresiko menyebabkan keguguran. Oleh karena itu seorang pasangan yang ingin memiliki momongan sebaiknya harus mengecek kesehatan terlebih dahulu agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Kondisi psikologi

Penyebab bayi lahir prematur selanjutnya adalah karena kondisi psikologi seseorang. tahukah Anda bahwa kondisi psikologi ibu hamil juga dapat mempengaruhi kehamilanya. Jika ibu hamil sering merasa cemas dan stres ia memiliki resiko melahirkan bayi secara teratur. Untuk mencegah dan mengatasi stres saat hamil Anda bisa melakukan yoga agar pikiran tetap rileks dan segar.

Ibu merokok

Penyebab selanjutnya adalah karena ibu hamil merokok. Tak hanya merokok saja, kondisi dan gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi obat-obatan terlarang, minum minuman keras dan merokok juga merupakan penyebab bayi lahir secara prematur. Hal ini dikarenakan kandungan zat nikotin pada rokok dapat mengurangi oksigen yang diterima oleh bayi. Sehingga hal ini membuat si kecil kekurangan oksigen.

Kondisi janin

Berikutnya adalah disebabkan karena kondisi janin itu sendiri, seperti infeksi dalam kandungan, pertumbuhan janin terhambat, dan simppul tali pusat yang dapat menghambat pertumbuhan. Ketika hamil pastikan Anda mengonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil agar nutrisi dan gizi janin terpenuhi. Tak hanya itu saja, para ibu hamil juga harus rajin kontrol ke dokter kandungan untuk meminimalisir masalah kesehatan yang terjadi pada janin ataupun ibu hamil.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab bayi lahir prematur yang perlu diwaspadai.