Ketahuilah Bahaya Bahan Kimia Pada Makanan Berikut Ini

By Categories : Kesehatan

Saat ini ada banyak sekali makanan yang dijual di pasaran. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang dijual tersebut mengandung beberapa bahan kimia yang jika terlalu sering dikonsumsi dapat membuat tubuh sangat rentan terhadap penyakit berbahaya, seperti kanker. Umumnya untuk mencegah bahan kimia masuk ke dalam tubuh sangatlah mudah yaitu dengan cara memasak dan mengonsumsi makanan secara higienis dan diimbangi dengan olahraga, tidur cukupĀ  serta mengonsumsi suplemen vitamin. Untuk menetahui lebih jelas mengenai bahan kimia, berikut adalah bahan kimia pada makanan lengkap dengan bahayanya.

Ketahuilah Bahaya Bahan Kimia Pada Makanan Berikut Ini

Inilah bahaya bahan kimia pada makanan yang perlu diwaspadai

Pewarna makanan buatan

Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali makanan yang menggunakan pewarna buatan. Pewarna makanan berguna untuk membuat makanan lebih menarik dan cantik. biasanya pewarna makanan buatan digunakan untuk makanan olahan, seperti permen, schotel makaroni dalam kemasan, yoghurt dan masih banyak lagi. Namun Anda jangan khawatir, karena hingga saat ini belum ada temuan pasti yang menunjukkan bahwa pewarna makanan buatan lebih berbahaya dibandingkan perwarna alami.

Sorbic acid

Yang kedua adalah sorbic acid. Bahan kimia yang satu ini terkanding dalam beberapa makanan dalam kemasan, seperti keju olahan. Menurut Food and Drug Administration (FDA) penggunaan sorbic acid dalam jumlah yang normal dianggap aman dan tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Acrylamide

Bahan kimia pada makanan selanjutnya adalah acrylamide. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa zat kimia tersebut memiliki potensi merusak kesehatan tubuh. Hal ini pun dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan pada hewan, hasilnya zat tersebut dapat menyebabkan kanker. Namun penelitan dalan Annual Review of Food Science and Technology menyatakan bahwa tidak ada bukti yang cukup untuk mengatakan bahwa jumlah konsusmi yang normal dapat menyebabkan kematian. Bahan kimia ini sering terkandung dalam keripik kentang ataupun kentang goreng.

MSG

Berikutnya adalah MSG atau Mosodium Glutamat. Siapa yang tidak tahu MSG. Hampir setiap orang mengetahui zat aditif yang satu ini. MSG seringkali digunakan sebagai penyedap rasa untuk berbagai macam masakan Asia, sup kalengan, camilan dalam kemasan dan makanan lainnya. Jika sering digunakan zat aditif yang satu ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti kanker.

Lemak trans

Lemak trans buatan merupakan salah satu jenis lemak yang berasal dari minyak nabati yang dihidrogenasi secara parcial. Baru-baru ini FDA (Food and Drug Administration) mengusulkan untuk melarang penggunaan lemak trans. Hal ini dikarenakan lemak jahat ini sangat berbahaya untuk untuk jantung. Oleh karena itu agar terhindar dari penyakit jantung, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bebas lemak trans dan konsumsilah makanan segar bukan olahan.

Demikianlah ulasan mengenai bahaya bahan kimia pada makanan yang perlu diketahui.

Baca juga inilah bahan pengawet makanan alami yang aman.